Jumat, 21 Desember 2012

Komponen Komunikasi Internasional dan Komunikasi Internasional

Dalam mengkaji kegiatan komunikasi, kebanyakan ahli komunikasi menggunakan formula "who,says what, in which channel, to whom, whit what effect" suatu paradigma komunikasi yang disusun Harlod D.Lasswell seorang ahli politik yang menaruh minat besar terhadap perkembangan Ilmu Komunikasi.

Komponen komunikasi yang memungkinkan terjadinya proses komunikasi adalah komunikator, pesan, media dan komunikan, dengan efek sebagai tolak ukur berhasil tidaknya sebuah komunikasi.

kegiatan komunikasi internasional biasanya berlangsung antara warga dengan warga (people to people), pemerintah dengan pemerintah (goverment to goverment), lembaga dengan lembaga(institution to institution) kegiatan komunikasi internasional tidak hanya melibatkan komunikator dan komunikan yang sama, melainkan bisa saja berlangsung antara komunikator dari satu kategori dengan komunikan dari kategori lain secara bervariasi misalnya antara warga dengan pemerintah (people to goverment) atau sebaliknya, warga dengan lembaga(people to institution) atau sebaliknya, lembaga dengan pemerintah(institution to goverment) atau sebaliknya dan seterusnya. yang jelas, bahwa komunikasi tersebut terjadi antara warga,pemerintah dan lembaga dari bangsa yang berbeda.

menurut R.Cahyo Prabowo Komunikasi Internasional adalah suatu proses interaksi yang bersifat lintas negara,antar negara dan juga negosiasi dalam menjalin hubungan diplomatik antar kedua negara untuk melakukan suatu perundingan atau juga membahas bersama tentang masalah sosial budaya,ekonomi, politik dan hubungan diplomatik negara atau bangsa di seluruh dunia Internasional.

Menurut K.S Sitaram(2000: 17) Komunikasi Internasional adalah komunikasi antara struktur-struktur politik alih-alih antara budaya-budaya individual. contohnya biasanya komunikasi internasional ini sering dilakukan lewat pemimpin negara atau wakil-wakil negara (menteri luar negeri, duta besar, konsulat jenderal) dalam melakukan perundingan/ negosiasi hubungan luar negeri. 

Gerhard Maletzke dalam bukunya Intercultural and International Communications) menyatakan, Komunikasi Internasional adalah proses komunikasi antara berbagai negara atau bangsa yang melintasi batas-batas negara.

sumber 

Drs.Mohammaad Shoelhi,M.B.A., M.M, Komunikasi Internasional Perspektif Jurnalistik,Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2009

Rabu, 19 Desember 2012

Media Baru(new media) dan Perubahan Perilaku Manusia

Masyarakat modern, kehadiran teknologi komunikasi dianggap sangat penting karena era saat ini teknologi komunikasi pada masyarakat modern disebut media baru new media.

Menurut salah seorang pakar Ilmu komunikasi Van Dijk menyatakan bahwa salah satu bagian dari New Media adalah “Network Society”. “Network society” adalah formasi sosial yang berinfrastuktur dari kelompok, organisasi dan komunitas massa yang menegaskan bentuk awal dari organisasi dari segala segi (individu, grup, organisasi, dan kelompok sosial).

Dengan kata lain, aspek mendasar dari formasi teori ini adalah semua yang memiliki hubungan yang luas secara kolektifitas. Apa yang dimaksud dengan Network society juga menuai pendapat yang beragam dari masyarakat. Sebagian besar orang beranggapan bahwa sosial dan jaringan media adalah bentuk lurus dari organisasi.

menurut R Cahyo Prabowo mengenai media baru/new media/media online adalah suatu alat sebagai sarana komunikasi yang dimana saling berinteraksi,berpendapat, tukar informasi,mengetahui berita yang melalui saluran jaringan internet serta informasinya selalu terbaru secara kilat dan juga lebih efisien ringkas memberikan informasi kepada pembaca/khalayaknya. media baru/new media/ media online sangat berbeda jauh dengan media konvesional seperti radio, televisi,media cetak,media massa dll jangan di sama ratakan dengan media konvensial.jelas new media(media baru,media online) memiliki kecepatan melakukan sebuah interaksi,lebih efisien,lebih murah, lebih cepat mendapatkan sebuah informasi terbaru dan terupdate informasinya.

kelemahannya pada jaringan koneksi internet saja jika jaringan internet lancar dan cepat maka informasi yang di sampaikan kepada pembacanya dengan cepat serta harus ada juga koneksi internet dimana pun berada bersama media baru(new media/media online). 

Zaman keterbukan informasi seperti saat ini banyak sekali mengalami perubahan di suatu media.adapun yang kami riset penelitian tentang media seperti saat ini adalah media sosial.media sosial itu mempunyai peran penting berguna bagi kehidupan serta sebaliknya bisa melakukan suatu dampak perubahan perilaku manusia.

Pada dasarnya manusia sebelumnya tidak mengenal sosial media. lama kelamaan manusia memiliki perubahan dan juga kecenderungan memiliki sifat egoisme, narsisme, perilaku ganda yang dimiliki seseorang serta juga bisa menjadi tekanan psikis bathin manusia itu sendiri di jejaring sosial. 

ambil salah contoh studi kasus di jejaring media sosial adalah banyak masyarakat modern seperti saat ini melakukan tindakan yang di nilai sok sombong serta tekanan psikis bathin yang dimilikinya. misalnya ada seorang teman baru pulang dari luar negeri berlibur setelah itu upload foto di sosial media dan foto tersebut di lihat orang lain merasa bangga bahwa saya itu habis jalan-jalan keluar negeri padahal hanya orang bodoh aja yang mau upload foto itu.

ambil sample lain ada seseorang bahwa dia sudah menyelesaikan sarjana setelah itu foto wisudanya di upload di sosial media bahwa orang bisa melihat bahwa itu dia sudah menyelesaikan kuliah menjadi seorang sarjana.Akan tetapi penulis melihat seperti itu seperti anak kecil seharusnya jangan merasa ilmunya sudah tinggi padahal belum tentu memiliki kecerdasan ilmunya yang banyak.sungguh ironis sekali perubahan perilaku manusia seperti zaman ini.

kalau memang manusia itu cerdas dalam intelektualnya maka harus merendah.pepatah mengatakan seseorang manusia yang memiliki kecerdasaan ilmu yang tinggi dia akan semakin merendah biasa saja dan tidak sombong. ini lah yang terjadi perubahan perilaku manusia di media baru (new media). 

Media online / media baru (New Media) masuk kedalam kategori ilmu komunikasi massa. karena pesan yang disampaikan kepada khalayak lewat media online / Media Baru (New Media) 

Raden Cahyo Prabowo,Media Baru (New Media) sebagai Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Komunikasi massa,Jakarta 2012.

Metode Deskriptif

Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Beberapa penulis memperluas penelitian deskriptif kepada segala penelitian selain penelitian historis dan eksperimental. 

Mereka menyebut metode yang melulu deskriptif sebagai penelitian survai( isaac dan Michael,1981:46) atau penelitian obeservasional (wood,1977:29).

pengertian metode deskriptif diartikan melukiskan variabel demi variable, satu demi satu.pengertian ini sama dengan analisis deskriptif dalam statistik, sebagai lawan dari analisis inferensial.

Pada hakikatnya, metode deskriptif mengumpulkan data secara univariat. 

Deskriptif, menurut Jalalludin Rakhmat “penelitian deskriptif hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa.

Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi.” 

Penelitian dapat memahami bahwa dalam penelitian deskriptif peneliti ditempatkan sebagai pengamat agar dapat terjun langsung untuk mengumpulkan informasi, mengidentifikasi masalah, membuat perbandingan serta menentukan apa yang dilakukan untuk memperoleh data yang akurat. Kata deskriptif berasal dari bahasa Inggris, descriptive, yang berarti bersifat menggambarkan atau melukiskan sesuatu hal.

Menggambarkan atau melukiskan dalam hal ini dapat dalam arti sebenarnya (harfiah), yaitu berupa gambar-gambar atau foto-foto yang didapat dari data lapangan atau peneliti menjelaskan hasil penelitian dengan gambar-gambar dan dapat pula berarti menjelaskannya dengan kata-kata.

Keduanya dalam laporan penelitian dapat digunakan agar saling melengkapi. Ada ungkapan bahwa gambar atau lukisan dapat memberi makna lebih dari sejuta kata.

Pelaku atau responden yang menjadi objek dan subjek penelitian, kegiatan atau kejadian yang diteliti, dan konteks (lingkungan) tempat penelitian dilakukan dilaporkan dengan cara deskriptif sehingga pembaca memahami dengan baik laporan hasil penelitiannya. Banyak sekali penelitian deskriptif yang dapat dilakukan oleh peneliti.

Ciri-ciri Penelitian Deskriptif Penelitian deskriptif dapat berupa kuantitatif (angka), kualitatif (angka), dan dapat pula kombinasi keduanya.

Penelitian deskriptif kualitatif diuraikan dengan kata-kata menurut pendapat responden, apa adanya sesuai dengan pertanyaan penelitiannya, kemudian dianalisis pula dengan kata-kata apa yang melatarbelakangi responden berperilaku (berpikir, berperasaan, dan bertindak) seperti itu tidak seperti lainnya, direduksi, ditriangulasi, disimpulkan (diberi makna oleh peneliti), dan diverifikasi dikonsultasikan kembali kepada responden dan teman sejawat).

Minimal ada tiga hal yang digambarkan dalam penelitian kualitatif, yaitu karakteristik pelaku, kegiatan atau kejadian-kejadian yang terjadi selama penelitian, dan keadaan lingkungan atau karakteristik tempat penelitian berlangsung.

Penelitian deskriptif gabungan kuantitatif dengan kualitatif mengandung kedua hal yang telah dijelaskan di atas.

Jenis-jenis Penelitian Deskriptif dan Persyaratannya Jenis-jenis penelitian deskriptif kuantitatif ada empat jenis, yaitu 

-biasa,
-komparasi,
-korelasi,
-regresi.

Sesuai dengan fungsi ilmu, yaitu untuk menerangkan, memprediksikan, dan mengontrol; maka statistik deskriptif bertugas untuk menerangkan.

Statistik komparasi, korelasi, dan regresi bertugas untuk memprediksi dan mengontrol. Penelitian deskripsi biasa umumnya menggunakan statistik sederhana, seperti persentase, diagram, grafik, median, modus, distribusi frekuensi, mean, simpangan baku, dan angka baku; komparasi (perbedaan) dengan menggunakan uji t untuk dua kelompok atau analisis of varians (anova atau anava) untuk lebih dari dua kelompok; hubungan (korelasi) dengan menggunakan teknik korelasi; pengaruh dengan menggunakan teknik regresi atau analisis jalur (path analysis).

Penelitian Deskriptif ditunjukan untuk

1. mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan suatu gejala yang ada.
2. mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi dan praktek-praktek yang berlaku
3. membuat perbandingan atau evaluasi
4. menentukan apa yang di lakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada waktu yang akan datang.

jadi penelitian deskriptif bukan saja menjabarkan (analisis), tetapi juga memandukan (sintesis).

bukan saja melakukan klasifikasi,tetapi juga organisasi. dari penelitian deskriptiflah dikembangkan berbagai penelitian korelasional dan eksperimental.

sumber:

Drs.Jalaluddin Rakhmat, M.SC,Metode Penelitian Komunikasi,cetakkan kelimabelas,PT.Remaja RosdaKarya,Bandung,2012, hal 24-25 

Drs.Jalalludin Rakhmat,M.SC Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 1985, hal. 34.

Selasa, 18 Desember 2012

Community Relation

Zaman modernisasi dan kemajuan teknologi komunikasi seperti saat ini manusia sudah mulai mengalami perubahan dalam berinteraksi ke manusia yang lainnya. sehingga manusia seperti saat ini saat berinteraksi kepada temannya, sahabatnya bisa dilakukan lewat media baru(new media) atau media internet.

Salah satunya email. yang dimana manusia memiliki email karena berguna mengirim pesan atau menyampaikan pesannya kepada teman, sahabat, rekan bisnis,rekan kerja serta lain lebih mudah dan praktis penggunaanya. email sendiri memiliki milis komunitas.yang dimana komunitas di dalam email tersebut tempat berbagi semua informasi penting, candaan, interaksi, komunikasi feed back,dan juga bisa di gunakan chatting. 

selain itu ada pun komunitas di sebuah media baru(internet) tempat inspirasi suatu wadah yang dimana manusia saling berinteraksi, menyalurkan pendapat, sampai tempat jual dan beli dalam perdagangan dimana pun berada.

Pengertian komunitas menurut Jefkins (1987: 126) yang hanya melihat komunitas dari aspek lokalitas saja yakni kelompok orang tinggal di sekitar wilayah operasi satu organisasi yang bisa berupa pabrik, areal penambangan, kantor atau bengkel, yang disebut Jefkins sebagai tetangga. 

Komunitas adalah semua steakholder yang dilayani suatu organisasi yang dimana didalamnya ada suatu wadah orang tempat berkumpul dan berinteraksi satu sama dengan yang lain sehingga muncul lah komunikasi tatap muka dua orang atau lebih. Komunitas adalah semua steakholder yang di layani oleh suatu organisasi. Relations adalah hubungan-hubungan antar manusia ke manusia yang lain yang akan membina suatu hubungan kerja sama antara suatu usaha perdagangan, organisasi serta yang lainnya guna mendapatkan manfaat.

Menurut R.Cahyo Prabowo Komunitas adalah suatu wadah atau tempat berkumpul yang dimana manusia berinteraksi satu dengan yang lainnya melalui tatap muka yang efektif serta memiliki umpan balik antar manusia sehingga muncul lah suatu komunikasi antar kedua belah pihak. Menurut Jerold mendefinisikan community relations sebagai peningkatan partisipasi dan posisi suatu organisasi didalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya untuk kemaslahatan bersama bagi suatu organisasi dan komunitas.

Menurut R.Cahyo Prabowo Community Relations adalah suatu wadah atau tempat berkumpulnya manusia yang sangat banyak yang dimana orang tersebut melakukan sebuah interaksi satu dengan yang lainnya melalui tatap muka kesahariannya dan juga melakukan sampai di media baru(new media) atau di media internet untuk menjalin silahturahmi antar kedua belah pihak manusia itu sendiri. 

Sumber: 

Yosal Iriantara, “Community Relations Konsep dan Aplikasinya”,Simbiosa Rekatama Media, Bandung 2010, hal 22

Pandai Bersyukur

KENAPA KITA MESTI PANDAI BERSYUKUR ... ? Marilah kita bersyukur. [•] Rasa syukur, membuat hidup kita menjadi indah ... [•] Rasa syukur, membuat yang sedikit terasa cukup dan berkah ... [•] Rasa syukur, mengubah apa yang kita miliki saat ini menjadi lebih berharga ... [*] Rasa syukur, mengubah masalah yang kita miliki menjadi hikmah yang bernilai ... [•] Rasa syukur, hidangan sederhana terasa menjadi istimewa ... [•] Rasa syukur, mengubah rumah yang sempit terasa lapang dan nyaman ... [•] Rasa syukur, mengubah kegagalan menjadi pelajaran berharga ... [•] Rasa syukur, mengubah kekeruhan suasana menjadi kejernihan ... [•] Rasa syukur, mengubah yang tidak nyaman menjadi menyenangkan ... [•] Rasa syukur, mengubah penolakan menjadi penerimaan ... [•] Rasa syukur, mengubah kebenciaan di hati menjadi kasih sayang ... [•] Rasa syukur, menciptakan kedamaian dan ketenangan hati ... [•] Rasa syukur, mengubah emosi menjadi latihan kesabaran ... [•] Rasa syukur, menjadikan masa lalu sebagai kenangan manis ... [•] Rasa syukur, menjadikan masa sekarang keindahan dan kesenangan ... [•] Rasa syukur, menjadikan hari esok penuh harapan ... [•] Rasa syukur, menciptakan visi ke depan yang penuh harapan ... [•] Bila hati kita dipenuhi rasa syukur, hidup menjadi senantiasa indah dan damai ... Semoga kita termasuk kedalam manusia yang selalu bersyukur ...

Sabtu, 15 Desember 2012

Kasus Kawin Cerai dan KDRT dalam rumah tangga

Zaman modernisasi seperti saat ini banyak perilaku manusia yang memiliki kecenderungan kekerasan dalam berrumah tangga dan banyak sekali melihat kasus kawin cerai dalam kehidupan.

Zaman sekarang manusia kasus kawin cerai dan KDRT dalam rumah tangga dalam pasangan terlalu banyak egonya setiap pasangan yang dimilikinya setiap insan.

ambil contoh apabila seorang perempuan bekerja di suatu perusahan dan memiliki penghasilan cukup banyak serta memiliki seorang anak dan seorang suami juga bekerja tapi penghasilannya tidak terlalu besar maka sang istri tersebut kalau tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga bisa akan terjadi perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga.

serta sebaliknya apabila seorang suami tidak mencintai dengan sepenuhnya terhadap istrinya dan seenaknya terhadap istrinya dan juga tidak memperhatikan istrinya dan anaknya maka bisa terjadi kasus perceraian dalam rumah tangga yang lebih parahnya lagi apabila tidak adanya komunikasi antara suami, istri dan anak maka dalam rumah tangga akan terjadi ketidak harmonisan dalam suatu insan.contohnya anak bisa terjerumus dengan hal yang negatif dalam pergaulan kehidupan dan anak bisa terjadi terlantar.
seorang suami apabila memiliki uang banyak dan tidak bisa management serta mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan dan menafkahkan istri, anaknya maka suami bisa jadi menikah lagi dengan wanita lain (selingkuh). jadi banyak kasus kawin cerai dan kdrt dalam rumah tangga bisa di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:
1. kurangnya komunikasi antara kedua belah pihak
2. lebih mementingkan uang dari pada keluarga
3. memiliki ego yang terlalu berlebihan setiap pasangan
4. kurangnya rasa mensyukuri dalam kehidupan rumah tangga.
5. tidak ada rasa kasih sayang dan kepedulian dalam rumah tangga
6. ketidak puasan dalam rumah tangga.

tips untuk menghindari perceraian dalam rumah tangga adalah

1. berkomunikasi lah yang efektif antara suami, anak dan istri serta komunikasi secara umpan balik antara kedua belah pihak.
2. mencintai dan memberikan kasih sayang setulusnya kepada keluarga.
3. selesaikan masalah dengan cara yang baik tanpa emosi dan berkomunikasi dengan yang baik.
4. gunakan waktu weekend untuk liburan bersama keluarga tercinta yang penting bisa bahagia selamanya.
5. seorang perempuan harus mencintai dan patuh terhadap suaminya serta suaminya juga mencintai dan memberikan kasih sayang perhatian terhadap istrinya.
6. jangan semaunya terhadap perempuan (bagi laki-laki) dan sebaliknya jangan semaunya terhadap suami (bagi perempuan)
7. hormati lah bebagai aspek mulai dari hubungan menantu,suami, istri, anak dan juga keluarga besar

Rabu, 12 Desember 2012

Analisis Wacana Kritis

Kritis adalah suatu pandangangan yang bersifat pemikiran kenyataan yang masuk akal. Analisis adalah suatu kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna untuk meneliti suatu obyek terstruktur bahasa tersebut yang secara secara mendalam.

Wacana adalah komunikasi kebahasaan yang terlihat sebagai sebuah pertukaran di antara pembicara dan pendengar sebagai sebuah aktivitas personal dimana bentuknya ditentukan oleh tujuan sosialnya. (Hawthorn 1992).

jadi pengertian analisis wacana kritis secara kongkrit adalah suatu pandangangan atau pemikiran yang bersifat secara kenyataan yang masuk akal melalui suatu media komununikasi dan juga ada umpan balik komunikasi yang di lakukannya.

contohnya dizaman modern seperti saat ini banyak masyarakat kita melakukan membuat statement suatu wacana yang padahal pada realitanya belum tentu terbukti wacana yang dilontarkan lewat media.

maksudnya adalah masyarakat melakukan masukkan pendapat umumnya lewat media dan membuat statement bersifat kritis terhadap suatu obyek dan akan muncul lah suatu wacana bersifat kritis yang dilakukan masyarakat. teks adalah semua bentuk bahasa, bukan hanya kata-kata yang tercetak dilembar kertas tetapi juga semua jenis komunikasi, ucapan, musik, gambar, efek suara, citra dan sebagainya.

Minggu, 02 Desember 2012

Komunikasi Propaganda

Zaman dahulu sampai kapan berakhirnya suatu komunikasi propaganda banyak masyarakat kita yang melakukan suatu pendapat untuk membuat suatu wacana yang belum tentu dengan realitanya dan membuat statement yang kurang baik bahasanya untuk mempengaruhi lewat segala media cetak, media elektorik, bahkan sampai media baru (new media) misalnya media online setelah itu lalu muncul lah suatu komunikasi propaganda akibat adanya muncul suatu wacana baru tentang masalah kehidupan sosial, berbangsa serta negara.

Definisi oleh para ahli mengenai tentang komunikasi propaganda adalah

1. Harold D. Laswell dalam tulisannya Propaganda (1987) mengatakan propaganda adalah teknik untuk mempengaruhi kegiatan manusia dengan memanipulasikan representasinya.

Definisi lainnya dari Laswell dalam bukunya Propaganda Technique in the world (1927) menyebutkan propaganda adalah semata-mata kontrol opini yang dilakukan melalui simbol-simbol yang mempunyai arti, atau menyampaikan pendapat yang kongkrit dan akurat(teliti), melalui sebuah cerita,rumor laporan, gambar-gambar dan bentuk bentuk lainnya yang bisa digunakan komunikasi sosial.

2. Barnays mengatakan, propaganda modern adalah suatu usaha yang bersifat konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa-peristiwa guna mempengaruhi hubungan publik terhadap suatu usaha atau kelompok.

3. Ralp D. Casey berkata propaganda adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja dan sadar untuk memantapkan suatu sikap atau merupakan suatu pendapat yang berkaitan dengan suatu doktrin atau program dan pihak lain.

4. Leonard W. Dobb mengatakan, propaganda adalah usaha sistematis yang dilakukan oleh individu yang masing masing berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok individu lainnya dengan cara menggunakan sugesti dan sebagai akibatnya mengontrol kegiatan tersebut.

menurut R.Cahyo Prabowo mengatakan komunikasi propaganda adalah suatu interaksi manusia kemanusia lainnya yang mempunyai umpan balik (feed back) memberikan suatu informasi yang melalui saluran media dan juga melakukan sebuah wacana yang belum tentu pada kenyataan realitanya terbukti sehingga dari wacana tersebut muncul lah sebuah informasi yang dapat mempengaruhi manusia ke manusia lain sehingga manusia itu sendiri dapat terpengaruh oleh tulisan media itu sendiri oleh karena itu disebut juga komunikasi propaganda.

Banyak sekali terjadi pada realita mengenai komunikasi propaganda itu sendiri contohnya bisa dilakukan dengan cara lewat iklan,media cetak/massa, media elektronik dan juga lewat media baru (new media) atau masyarakat modern seperti saat ini lewat media online. hampir semua media itu melakukan propaganda terhadap kehidupan.

Sehingga, Masyarakat menanggapi dengan serius dan dibuat panik yang dilontarkan statement teks yang dilakukan oleh media tersebut. media baru(new media) sudah sangat jauh dalam perbedaan dengan media konvensional sehingga jangan di samakan antara media konvensional dengan media baru (new media)/media online. 

sumber 

Nurudin, Komunikasi propaganda,bandung :PT. Remaja Rosdakarya, 2008 hal.10

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...