Rabu, 19 Juni 2013

Bosan Menjadi Karyawan, Jadilah Pemilik Perusahaan Selagi Muda

Masyarakat Indonesia dari dahulu sampai entah kapan lebih senang memilih menjadi karyawan,pegawai negeri sipil dibandingkan menjadi pengusaha sukses pemilik perusahaan. Setiap hari banyak masyarakat kita berangkat kerja pagi hari pulang sore hari bahkan larut malam demi sesuap nasi supaya dapur rumah selalu ngebul. Sampai-sampai sikut sana sikut sini serta dimarahi bos akibat terlambat dan lain-lain untuk mendapatkan rezeki.

Mulailah selagi masa muda, lulus menjadi sarjana terobsesi menjadi pemilik perusahaan dan membuka lowongan kerja baru untuk menarik para pegawai baru dikantor tersebut. Akan tetapi yang biasanya dialami masyarakat adalah dan sering menjadi pertanyaan adalah “aku mau usaha apa?”, “aku harus memulai dari mana?”, “aku harus mencari modal dimana ?”, “bagaimana aku mencari pelanggan?”, “bagaimana kalau aku rugi?” dan segudang pertanyaan lain di benak calon pengusaha sukses…..
tapi tenang saja, pertanyaan itu akan terjawab dengan sendirinya selama ada kemauan dan niat yang sangat kuat…….

bukankah inti dari menjadi pengusaha sukses adalah kemauan dan niat??????? sedikit sharing buat yang sudah bosan jadi karyawan untuk menambah keyakinan menjadi seorang pengusaha:

1.Niat, Kemauan /keyakinan yakinkanlah diri anda bahwa wirausaha ini bukanlah pelarian dari rasa tidak suka dengan pekerjaan lama tetapi berwirausaha adalah jalan yang “harus” ditempuh sehingga jika usaha anda gagal, semangat berwirausaha akan tetap ada pada diri anda dan tidak menyesali “kenapa dulu aku keluar dari pekerjaanku dulu, kalau tahu seperti ini aku akan tetap bekerja disana”. kalau anda sudah memiliki pikiran seperti itu, maka anda belum memiliki cukup niat atau kemauan untuk menjadi pengusaha sukses

2.Kepercayaan Dalam menjalankan usaha perdagangan sebuah perusahaan harus memiliki rasa kepercayaan yang tinggi dan minat pelanggan supaya masyarakat kita tahu apa yang kita pasarkan, jual maupun beli. DiIndonesia sistem kepercayaan berkurang.

3.Modal biasanya bagi para pemula sering kali takut dengan namanya modal, awalnya modal itu merasa tidak ada dan pinjam sana sini serta pinjam bank. itu salah dalam menjalankan suatu perdagangan perusahaan.Modal itu berawal adalah keberanian sesorang yang dimiliki dalam menawarkan suatu produk yang akan dijual setelah mendapatkan keuntungan ditambung lalu diputar hasil penjualan produk tadi untuk menjalankan suatu usaha.Menjalankan usaha tanpa modal itu sebenarnya bisa dilakukan jika seseorang memiliki teman yang memiliki usaha yang sama dikita dan teman kita lagi ngobrol2x gtu lagi mau beli barang,dipasaran ada barangnya mahal akan tetapi di kita ada barang lebih murah selisihnya maka teman itu akan mengambil barang kita,bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tadi setelah itu ditabung lalu diputar lagi uangnya.

4.Produk Biasanya produk yang akan dijual maupun dibeli ataupun produk yang akan dibuat oleh perusahaan diminati oleh masyarakat luas atau tidak. sering kali produk sudah banyak yang dijual akan tetapi barangnya tidak laku terjual kan sayang uang sudah banyak yang keluar tapi produk yang dihasilkan kurang minat masyarakat. solusinya ialah memasarkan sebuah produk yang akan dijual maupun dibeli ataupun mau dibuat oleh suatu perusahaan kita lihat minat dan trend pasar perdagangan yang ada didalam masyarakat supaya tidak terjadi ketidak minatan masyarakat luas.

5.Pemasaran biasanya yang sering dilakukan oleh sebuah perusahaan ataupun toko penjualan yang dilakukan lewat realita sehari hari.cobalah dimulai berawal dari pintu ke pintu rumah, samping kanan dan samping kiri bahwa produk ini bagus dan bilang jika barang ini mengalami kerusakan kami akan berikan garansi 1 tahun atau uang kembali supaya masyarakat percaya produk yang akan dijual.

Mencoba memasarkan lewat media online/media baru (new media) agar barang cepat diketahui oleh khalayak luas dan cepat terjual. tips sedikit penulis hindari utang bank, hindari utang sana sini, hindari pemakaian kartu kredit,menabung lah hasil penjualan produk supaya uang bisa diputar lagi, lihatlah peluang yang ada didepan mata kita, buanglah rasa gengsi, niat, kemauan, kerja keras, berdoa, bersyukur, bersedekah, carilah konsumen sebanyak banyaknya, silahturahmi, layanin para konsumen anda dengan baik dan berikan kepuasaan kepada pelanggan anda.

sekali lagi apa yang kami kemukakan disini adalah sekedar berbagi kepada para karyawan yang berminat untuk menjadi seorang pengusaha sukses/ menjadi pemilik perusahaan…sekali lagi insting menjadi pengusaha/ membangun sebuah perusahaan anda akan terasa dan semakin tajam melalui jatuh bangun, pasang surut dan naik turunnya usaha perusahaan yang anda kelola..yang terpenting adalah NIAT dan KEMAUAN… 

penulis

R Cahyo Prabowo

Senin, 17 Juni 2013

Yang Muda Berbicara atau Yang Muda Sukses Dalam Menjalankan Usaha Perdagangan

Dalam perkembangan dewasa saat ini sering kali kita sering membicarakan tentang hal yang muda berbicara atau yang muda sukses dalam menjalankan usaha perdagangan. Sering kali anak muda dizaman sekarang Di Indonesia seperti saat ini sebagian anak muda kita cuma bisanya berbicara saja tapi tidak melakukan apa-apa, nongkrong sana-sini bersama teman-teman, jalan-jalan ke luar negeri habisin uang orang tua, ikut-ikutan teman organisasi sampai sampai kuliah tidak selesai menjadi seorang sarjana dan serta lainnya.

Memang menjadi orang muda dan menjadi seorang mahasiswa melakukan hal itu-itu saja misalnya contoh kuliah, organisasi, belajar diperpustakaan, pacaran, pulang tiap hari dilakukan oleh para kaum muda dan mahasiswa. sebagian mahasiswa dan kaum yang muda pandai sekali berbicara didalam sebuah organisasi, dikelas kampus, dilingkungan rumah bahkan kalau sedang rapat pasti egonya kelihatan untuk kepentingan pribadi ataupun untuk cari muka saja di organisasi saja. 

Coba bayangkan jika kaum muda dan mahasiswa berani bicara di konferensi antar negara atau liga bangsa bangsa diseluruh dunia itu berarti mahasiswa dan kaum muda itu cerdas, wawasan luas berani berbicara didepan khalayak luas antar negara diseluruh dunia tapi kalau di ruang lingkup organisasi berani berbicara atau di dalam lingkungan saja berarti tidak ada artinya sama sekali untuk berbicara. oleh karena itu selagi muda,mahasiswa/i lebih baik mencari rekan usaha yang bermanfaat,kepercayaan dalam menjalan usaha siapa tahu usaha yang ditekuni bisa sukses dalam usia muda, mahasiswa/i serta kalau bisa harus berani kita berbicara di hadapan peserta konferensi bergengsi, forum antar negara, liga bangsa-bangsa. nanti kita bisa membawa mengharumkan nama Indonesia dikancah dunia dan juga kita bisa mendapatkan rekan usaha perdagangan yang bermanfaat juga. 

Sebagian mahasiswa yang juga drop out juga menjalankan usaha yang sudah mulai berkembang.pada awalnya usaha para mahasiswa/i, kaum muda menjalankan usaha mulai berangkat dari door to door, kecil-kecilan menawarkan suatu produk setelah pengalaman matang maka terus meningkat usaha akan tetapi kuliah jadi drop out kampus tidak dapat gelar sama sekali. kesimpulannya selagi muda, mahasiswa/i harus bisa pandai berbicara di hadapan dan ikut seminar konferensi antar negara, Konferensi asia pasific, di forum antar benua ,serta di liga bangsa-bangsa serta berkenalan teman baru yang bermanfaat dan melihat pasar perdagangan yang sedang trend di luar negeri dan dalam negeri. 
Kedua belah pihak berbicara dan menjalankan usaha harus seimbang.tapi kalau halnya banyak bicara aja sama dengan tidak ada artinya.

 penulis

 R Cahyo Prabowo 

sumber : http://muda.kompasiana.com/2013/06/04/yang-muda-berbicara-atau-yang-muda-sukses-dalam-menjalankan-usaha-perdagangan-562270.html

Perubahan Kejiwaan Manusia di Era Perkembangan Teknologi Komunikasi Semakin Canggih

Dalam modernisasi seperti saat ini, teknologi komunikasi semakin berkembang dan semakin canggih dalam halnya untuk Interaksi Manusia, Sosial Budaya, Perdagangan, Menghubungi rekan bisnis serta lainnya. Teknologi Komunikasi semakin canggih dan berkembang akan membawa dampak besar bagi kejiwaan seseorang atau perubahan perilaku yang dimiliki oleh manusia. 

Indonesia sendiri masyarakat kita dalam halnya teknologi komunikasi nomor satu. Betapa tidaknya ada suatu produk baru telekomunikasi yang begitu mahal harganya gimana caranya bisa dibeli entah itu bayar tunai maupun kredit yang penting “PUNYA” supaya dilihat orang lain “Wah” padahal yang dibeli itu belum tentu ada manfaatnya. 

Disinilah perubahan kejiwaan manusia mengalami perubahan dan akibatnya bisa menimbulkan gangguan kejiwaan seseorang yang dimilikinya, sungguh ironisnya dengan hal itu. Banyak kasus orang yang mengalami perubahan yang signifikan gangguan kejiwaan seseorang,depresi kejiwaan seseorang akibat dari era Perkembangan teknologi komunikasi dan sampai sampai perubahan perilaku ganda yang dimiliki manusia. Seharusnya perkembangan teknologi komunikasi itu kita gunakan, kendalikan dan manfaatkan sebagai fungsi dari komunikasi.

Bukan halnya teknologi komunikasi yang kita ikuti dan gemari melainkan juga kita manfaatkan, mengendalikan, menggunakan teknologi komunikasi dengan baik untuk kehidupan yang lebih baik serta yang positif. 

Menggunakan teknologi komunikasi itu dengan baik dan bermanfat untuk kehidupan yang lebih baik bukan halnya buat gaya-gayaan, gengsi, dilihat “WAH”, tenteng sana sini padahal belum tentu ada manfaatnya.

Penulis


R Cahyo Prabowo

Rabu, 08 Mei 2013

Komunikasi Politik dan Media

berbicara komunikasi politik itu harus mengarah pendahuluannya / basic utama ialah komunikasi 

1.menurut Rogers bersama D. Lawrence Kincaid (1981) komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang ada pada gilirannya kan tiba pada saling pengertian mendalam.

2.menurut Raden Cahyo Prabowo Komunikasi adalah suatu proses yang dimana pesan yang disampaikan dari komunikator ke komunikan melalui umpan balik (feed back) lewat tatap muka satu dengan lainya yang saling berinteraksi dan berbicara langsung.itu tergantung konteks yang dibacarakan itu seperti apa.lain halnya lewat media massa atau pun media baru (New Media) kalau lewat media massa itu untuk tempat interaksinya melalui pendapat umum khalayak/masyarakat nanti disalurakan lewat surat pembaca.

Beda halnya di saluran media online atau media baru(New Media) interaksinya sebagai insan manusia kita bisa lewat chat dan foto kita serta aspirasi pendapat umum kita bisa lewat kolom komentar masyarakat modern. 

Pada pertengahan abad 19, ditemukan sebuah alat komunikasi yang dinamakan telegraf. Meskipun saat itu, telegraf bukan sebagai bentuk komunikasi massam, namun telegraf merupakan alat dasar untuk membawa pengetahuan manusia ke media massa elektronik. Telegaf ini dikembangakan di Inggris dan Amerika. Setengah ada setelahnya, ditemukan pula telepon oleh Graham Bell. Beberapa dekade kemudian, percobaan-percobaan mulai dilakukan, akhirnya pada tahun 1895, Auguste dan Louis Lumiere menemukan alat yang bernama Sinematografi, alat pemutar film. Pada awalnya, film yang dipertontonkan adalah film pendek tentang kehidupan manusia sehari-hari. Selama bertahun-tahun, para ahli dan penemu tersebut selalu mengembangkan penemuan-penemuannya. Sekaligus mendirikan tempat-tempat penunjang yang terkait dengan penemuannya. Misalnya saja, pembuatan stasiun televisi BBC dan pembuatan stasiun-stasiun radio, baik swasta maupun pemerintah; percetakan koran dan majalah Bahkan pada tahun 1970 mulai dikembangkan internet. Teknologi multimedia juga terus dikembangkan, mulai dari film (VCD/DVD), informasi online, teknologi seluler dan sebagainya.

Hingga kini inovasi multimedia terus dikembangkan. (dari berbagai sumber) pada awalnya masyarakat di Indonesia menyampaikan pesan dan berkomunikasi lewat saluran surat menyurat yang melalui burung dalam menyampaikan pesan ke orang lain lalu kemudian ada umpan balik antara si penerima surat dengan pengirim surat.sering berkembangnya zaman muncul lah saluran televisi,radio, film dan media massa lainnya. 

Di zaman abad ke 20 masyarakat kita mulai menggunakan internet sebagai tempat interaksi dan berkomunikasi satu sama dengan lainnya.pada akhirnya masyarakat kita juga menggunakan internet sebagai tempat bertemunya jual dan beli lewat media online (new media) sebagai wadah dan tempat media online(new media) itu sendiri. sama halnya komunikasi politik yang di lakukan para calon kandidat para pemimpin yang akan menduduki kekuasaannya dan untuk menarik simpatinya lewat berbagai macam media bahkan melalui saluran media online/media baru (new media) pun mulai ada.

3.Komunikasi Politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Dengan pengertian ini, sebagai sebuah ilmu terapan, komunikasi politik bukanlah hal yang baru. Komunikasi politik juga bisa dipahami sebagai komunikasi antara "yang memerintah" dan "yang diperintah". media dalam komunikasi berasal dari kata "mediasi" karena mereka hadir di antara pemirsa dan lingkungan media adalah alat interaksi sosial. media menurut raden cahyo prabowo adalah suatu tempat atau wadah yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim dan kepenerima juga sebaliknya dari komunikator ke komunikan menyampaikan pesannya yang melalui saluran media massa,media konvensional dan juga media online/media baru (New Media) dan juga tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang melalui saluran media online/media baru (new media).

4.menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4), Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian. jadi kesimpulan dan pengertian antara komunikasi politik dan media adalah media itu sebagai tempat atau wadah interaksi manusia. Komunikasi Politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Dengan pengertian ini, sebagai sebuah ilmu terapan, komunikasi politik bukanlah hal yang baru. lalu keterkaitan tentang gaya komunikasi politik dan media adalah suatu wadah atau tempat interaksi para calon kandidat pemimpin yang berinteraksinya melalui saluran media massa,media konvensional dan media online yang akan menduduki kursi kekuasaan dan juga menarik simpati masyarakat luas.apalagi ditambah kehadiran media online/media baru (new media) sangat cepat khalayak bisa mengetahui siapa calon kandidat pemimpin yang baik dan bagus sehingga masyarakat kita mudah melihat dan memahami satu sama lainnya. 

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_politik, http://carapedia.com/pengertian_definisi_media_info2046.html, 
http://wawan-junaidi.blogspot.com/2012/01/pengertian-media.html, http://anwariksono.wordpress.com/2008/01/02/sedikit-bicara-tentang-sejarah-media/ 
Hafied cangara.pengantar ilmu komunikasi,Edisi revisi,PT.Rajagrafindo Persada, Jakarta ,1998 hal 20

Jumat, 03 Mei 2013

Manfaat Madu

Madu telah dikenal sejak 10.000 tahun yang lalu. Ini dibuktikan dengan ditemukannya sebuah lukisan kuno di dalam sebuah gua yang ada di Valencia, Spanyol. Dalam gambar tersebut terlihat dua orang lelaki menggunakan tangga sedang meraih sarang lebah untuk mengambil madu. 

Asal Mula Madu Madu memiliki rasa yang manis dan berbentuk kental seperti sirup. Madu dihasilkan lebah dengan bahan baku nektar bunga. Nektar adalah senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar tanaman dalam bentuk larutan gula. 

Proses perubahan nektar menjadi madu dimulai ketika lebah membawa nektar ke sarangnya. Nektar ini kemudian dicampur dengan air liur dan dikurangi kadar airnya oleh lebah-lebah pekerja untuk menghindari proses peragian. Lebah pekerja mengunyah nektar dengan menambahkan enzim diastase dan invertase, sehingga nektar tersebut menjadi cairan kental berwarna kuning pucat dengan aroma khas madu. Kandungan Nutrisi Madu Dalam setiap 100 gr madu terdapat berbagai varian nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti: • Energi 294 kalori • Karbohidrat 9,5 g • Air 24 g • Fosfor 16 mg • Kalsium 5 mg • Vitamin C 4 mg Tidak hanya itu, madu juga dilengkapi mineral penting lainnya seperti, natrium, magnesium, za besi, dan kalium. Meski dibutuhkan dalam jumlah kecil, kandungan mineral tersebut memiliki peran yang cukup besar bagi kelangsungan proses metabolisme tubuh. 

Manfaat Kesehatan Madu Selain memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, madu juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Manfaat kesehatan mengonsumsi madu di antaranya: Sumber Energi Atlet Romawi dan Yunani kuno kala itu menggunakan madu sebagai minuman berenergi yang dikonsumsi sebelum dan sesudah pertandingan. Selama ratusan tahun madu telah dikenal sebagai sumber energi terbaik.

Kandungan gula pada madu adalah alasan paling logis, mengingat gula adalah sumber energi utama tubuh. Mempercepat Penyembuhan Luka Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan.

Madu bersifat asam, sedangkan bakteri tidak dapat berkembang biak dalam kondisi asam. Proses osmosis di dalam madu dapat membasmi bakteri dan menyerap air dari bakteri pada kulit yang luka, seperti halnya spons menyerap air. 

Bahkan, RS Universitas Wisconsin Medical School and Public Health memberikan terapi madu bagi luka borok yang diderita penderita diabetes. Uji coba terhadap seorang pasien berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan luka pada jari kakinya. Sang pasien bahkan tidak jadi diamputasi berkat terapi madu tersebut. 

Pengganti Gula Madu dapat dicampurkan ke dalam minuman ataupun makanan kesukaan Anda. Jika anda suka minum teh, coba ganti gula dengan madu sebagai pemanisnya. Mencegah Kanker Kandungan zat karsinogen dalam madu bertindak sebagai anti kanker sehingga dapat mengurangi risiko kanker, terutama bagi Anda yang berisiko tinggi terkena kanker seperti, perokok, pengonsumsi minuman keras, malas berolahraga, dan lainnya.

Membantu Penyerapan Kalsium Tim peneliti di University of California membuktikan bahwa konsumsi madu dapat meningkatkan antioksidan dalam darah. Bahkan, madu dapat membantu penyerapan kalsium sehingga tubuh dapat menggunakan kalsium lebih optimal, terutama untuk mencegah penyakit keropos tulang (osteoporosis).

Selasa, 30 April 2013

Kenikmatan Ikan pindang (Fish boiled pleasure)

Ikan pindang merupakan hasil olahan yang cukup populer di Indonesia, dalam urutan hasil olahan ikan tradisional ikan pindang menduduki tempat kedua setelah ikan asin. Pemindangan adalah salah satu cara pengawetan ikan yang merupakan kombinasi dari penggaraman dan perebusan.

tujuan dari proses pemindangan adalah untuk menghambat aktifitas atau membunuh bakteri pembusuk maupun aktifitas enzim. Proses pemindangan ini menghasilkan limbah (hasil samping) dalam proses pengolahannya, yaitu berupa sisa rebusan ikan dalam bentuk air.

Cairan ini selama ini dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan petis ikan. Petis ikan adalah produk yang berwarna hitam dengan aroma khas dan bertekstur lunak yang dapat memberi rasa sedap pada masakan. menurut pendapat saya adalah jenis kuliner makanan ini sangat enak dan nikmat sekali untuk di hidangkan.apalagi nasi dan sambel kecap rasanya lebih nikmat sekali. oleh sebab itu ikan pidang (ikan cuek) dapat di simpulkan kuliner yang nikmat,murah,goreng kriuk dan enak di sajikan. 

bahasa inggris : Boiled fish is produced that is quite popular in Indonesia, the traditional order of the processed fish boiled fish occupy the second place after the salted fish. Pemindangan is one way of preserving fish which is a combination of salting and boiling., The purpose of the process is to inhibit the activity pemindangan or kill spoilage bacteria and enzyme activity. 

Pemindangan process produces waste (by-product) in the treatment process, which is a fish stew in the form of residual water. This fluid has been used as a raw material for the manufacture of fish paste. Fish paste is a product that is black with a distinctive aroma and soft texture that can give a sense of the savory dishes. in my opinion this is the kind of culinary food is very tasty and delicious once in serve. moreover for rice and soy sauce taste more delicious. therefore pidang fish (fish ignored) can be concluded culinary delights, cheap, and tasty fried Kriuk at present. pindang fish is very good and grace.

Jumat, 26 April 2013

Media online (new media/media baru) dalam menjalankan suatu perdagangan

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini, telah membuat dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga komputer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat informasi dan perdagangan berkembang dengan sangat cepat. 

Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah berada dalam skala menit bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut internet Internet menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan untuk saling bertukar pesan satu sama lain dan berbagi akses ke data yang ada di komputer masing-masing.

Lebih jauh lagi, karena ke interaktifannya internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi dengan kata lain internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan pekerjaan yang di lakukan manusia. Kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan jual-beli kian meningkat seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tak heran jika keberadaan internet (New media) kian populer di kalangan masyarakat perkotaan. 

Apalagi dengan mengandalkan unsur kecepatan, internet tampak lebih cepat dibandingkan media massa lainnya seperti media cetak maupun media elektronik. Karena internet merupakan media online yang tidak terbatas oleh waktu secara global serta internet dapat melakukan pencarian informasi terbaru dan menjalankan suatu perdagangan kapan saja selama 24 jam sehari dan mudah di akses kapan saja. Keberadaan internet yang mulai dimanfaatkan oleh para pemilik modal untuk memenuhi kebutuhan informasi dan menjalankan usaha perdagangan dengan cepat, praktis, dan relatif murah dibandingkan lewat media konvensional begitu mahal ongkos biayanya. 

Seiring berjalannya waktu peran media cetak mulai tergantikan dengan media online dalam kehidupan masyarakat terutama di kota-kota besar. Media online mulai diminati warga karena dinilai jauh lebih praktis, modern, dan tingkat aktualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan media cetak sehingga cocok untuk menunjang aktifitas masyarakat perkotaan yang sibuk dengan segala aktivitas. Media online memiliki tingkat aktualitas yang lebih tinggi dibanding dengan media cetak karena pada penerbitan beritanya media online bisa diterbitkan kapan saja atau dengan kata lain tidak terkait dengan waktu, sangat berbeda dengan media cetak yang pendistribusiannya terikat dengan waktu dalam periode tertentu. Media online telah dijadikan para pengguna sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat modern. 

Media online pertama di populerkan oleh detikcom. Detik.com sendiri sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai lengkap pada 9 Juli 1998. Pada tanggal 9 Juli 1998 itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. 

Point penting dari aktivitas media online sebagai wadah / tempat melakukan transaksi jual-beli (e-commerce) sebenarnya adalah bagaimana saling mendapatkan suatu produk yang akan mau dijual maupun dibeli. Ketika mendapatkan suatu produk yang akan dijual maupun dibeli kita bisa mencarinya lewat media online sebagai tempat / wadah yang akan dituju.

Perkembangan media online di Indonesia semakin berkembang bermunculan. Salah satu media online yang pertama kali muncul adalah detik.com. Selanjutnya Media online lain tumbuh pesat, beberapa di antaranya adalah kompas cyber media, republika, suara pembaruan, media Indonesia, kaskus.co.id, berniaga.com dll. Kemunculan media online bukan halnya untuk informasi saja melainkan juga untuk melakukan e-commerce di media online lainnya. 

Fenomena e-commerce di Indonesia seperti saat ini berkembang begitu pesat apalagi ditambah adanya undang-undang keterbukaan informasi publik (KIP) banyak masyarakat kita sering melakukan transaksi jual-beli di media online. Dahulu kala sistem transaksi jual-beli masyarakat Indonesia ialah tukar-menukar barang (Barter). Seiring dengan perubahan zaman yang begitu modern, sistem barter pun mulai berubah dengan munculnya nilai tukar mata uang rupiah. Fenomena masyarakat Indonesia pun mulai berubah dengan sistem perdagangannya yang tadinya tukar-menukar dalam menjalankan bisnisnya, muncullah media konvensional seperti koran, majalah, TV dan Radio yang bagaimana cara mempromosikan bisnis dan jual-beli barang mereka melalui media konvensional.

Pada akhirnya sistem perdagangan pun mulai berubah kembali dengan seiring perkembangan teknologi komunikasi yang begitu modern muncullah media online untuk melakukan jual-beli (E-Commerce) masyarakat modern menggunakan media online untuk jual-beli. Meluasnya penggunaan media online di tengah masyarakat untuk melakukan jual-beli (e-commerce), selain sudah menjadi trend, gaya hidup (life-style), berguna sekali sehari-hari kehidupan, di karenakan kelebihan media komunikasi itu melampaui media konvensional yang telah dikenal masyarakat sebelumnya, seperti surat kabar, radio, maupun televisi. Media online dapat di pergunakan setiap orang maupun perusahaan besar sekali pun, berbeda dengan tiga media yang disebutkan tadi, karena menjadi member di tokobagus.com tidak memerlukan modal besar melainkan juga menjadi member itu gratis serta yang bisa menggunakan komputer untuk mengetahui transaksi jual-beli lewat media online dan pengetahuan yang tidak terlalu rumit untuk menggunakannya. 

Media online dapat memberikan keuntungan bagi seorang pengusaha melakukan kegiatan-kegiatan transaksi jual-beli yang dilakukan dan di jalankannya, para pengusaha juga dapat melakukan pekerjaannya dengan mudah, tanpa harus membuang-buang waktu datang keperusahaan untuk menjalankan suatu bisnis perdagangan. Melalui media online, pengusaha dapat menghemat biaya di bandingkan media massa atau media konvensional lainnya, dengan demikian jika media online dimanfaatkan dengan efektif, efisien dan benar dapat menyumbang banyak sekali keuntungan dan kemudahaan di era persaingan global saat ini. 

Komunikasi massa yang dimaksud adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (massa communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people). Definisi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa. Gerbner (1967) menyebutkan bahwa “Mass communication is the tehnologically and institutionally based production and distribution of the most broadly shared continuous flow of messages in industrial societies”. (Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri. 

Berdasarkan pengertian yang dikemukakan diatas maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa adalah suatu proses penyampaian informasi, ide sikap kepada banyak orang yang melalui saluran media massa dan juga media massa bisa digunakan sebagai wadah jual beli yang dilakukan oleh manusia sendiri apalagi di zaman begitu modern seperti saat ini peran media online sangat bermanfaat sekali bagi manusia khususnya jual-beli (e-commerce)lewat media online. serta media online (media baru atau new media) termasuk dikategorikan dalam komunikasi massa.karena khalayaknya melalui media online serta media online suatu wadah tempat yang adanya pertemuan manusia ke manusia lainnya dalam interaksi sampai halnya perdagangan.

Sumber:
http://id.wikibooks.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia/Media_Online diakses tanggal 25 November 2012 jam 18.30 WIB 
Elvinaro Ardianto, dkk. Suatu Pengantar Komunikasi Massa, Edisi revisi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2007, hal 3

Minggu, 24 Maret 2013

PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA

A.PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner ( Rakhmat, 2003 : 188), yakni : komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (massa communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people). 

Definisi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa. Jadi, sekalipun komunikasi itu disampaikan kepada khalayak yang banyak, seperti rapat akbar di lapangan luas yang dihadiri oleh ribuan, bahkan puluhan ribu orang, jika tidak menggunakan media massa, maka itu bukan komunikasi massa.

Media komunikasi yang termsuk media massa adalah : radio siaran dan televisi – keduanya dikenal sebagai media elektronik; surat kabar dan majalah – keduanya disebut sebagai media cetak; serta media film. Film sebagai media komunikasi massa adalah film bioskop.

Komunikasi massa yang lebih perinci dikemukakan oleh ahli komunikasi lain, yaitu Gerbner. Menurut Gerbner (1967) “Massa communication is the tehnologically and institutionally based production and distribution of the most broadly shared continuous flow of messages in industrial societies”. (Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industry (Rakhmat, 2003 :188).

Definisi Gerbner tergambar bahwa komunikasi massa itu menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi. Produk tersebut disebarkan, didistribusikan kepada khalayak luas secara terus-menerus dalam jarak waktu yang tetap, misalnya harian, mingguan, dwimingguan atau bulanan. 

Komunikasi massa yang dikemukakan Wright ini nampaknya merupakan definisi yang lengkap, yang dapat menggambarkan karakteristik komunikasi massa secara jelas. 

Menurut Wright, bentuk baru komunikasi dapat dibedakan dari corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utama sebagai berikut : diarahkan pada khalayak yang relative besar, heterogen dan anonym, pesan disampaikan secara terbuka, seringkali dapat mencapai kebanyakan khalayak secara serentak, bersifat sekilas; komunikator cenderung berada atau bergerak dalam organisasi yang kompleks yang melibatkan biaya besar.

Proses komunikasi massa, mulai dari menyusun pesan sampai pesan diterima oleh komunikan. Misalnya, bila pesan disampaikan melalui media cetak (majalah dan surat kabar), maka pihak yang terlibat diantaranya adalah pemimpin redaksi, editor, lay-out man, editor, korektor. 

Sedangkan bila pesan disampaikan melalui media elektronik radio siaran, maka pihak yang terlibat diantaranya adalah penyiar dan operator. Komunikasi massa dikemukakan oleh Severin & Tankard Jr., And Uses In The Mass Media yang definisinya diterjemahkan oleh Effendy sebagai berikut; ‘Komunikasi massa adalah sebagian keterampilan, sebagian seni dan sebagian ilmu. Ia adalah keterampilan dalam pengertian bahwa ia meliputi teknik-teknik fundamental tertentu yang dapat dipelajari seperti memfokuskan kamera televise, mengoperasikan tape recorder atau mencatat ketika berwawancara. Ia adalah seni dalam pengertian bahwa ia meliputi tantangan –tantangan kreatif seperti menulis skrip untuk program televise, mengembangkan tata letak yang estetis untuk iklan majalah atau menampilkan teras berita yang memikat bagi sebuah kisah berita. 

Ahli komunikasi lainnya, Joseph A. Devito merumuskan definisi komunikasi massa yang pada intinya merupakan penjelasan tentang pengertian massa serta tentang media yang digunakannya. 
B. KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA 
C. PERANAN KOMUNIKASI MASSA Sejumlah muda-mudi yang lolos seleksi “Indonesian Idol”di RCTI, dalam waktu yang relative singkat menjadi artis penyanyi yang popular dan memiliki banyak penggemar, sehingga konser “Indonesian Idol” di Sasana Budaya Bandung dan di kota-kota besar lainnya berhasil menyedot penonton yang melimpah. Dominick ( 2000 ) mengatakan bahwa dalam melihat fungsi dan kegunaan komunikasi massa, perlu dilakukan dua bentuk analisis, yakni analisis makro (wide-angle lens) dan analisis mikro (close-up lens). Kedua metode ini, baik analisis makro maupun analisis mikro, kadangkala memiliki hasil yang sama pada khalayak dalam wide-angle lens atau wide-angle view ( sudut pandang yang lebih luas), Gamble dan Gamble (2001) mengatakan, sejak lahir sampai meninggal, semua bentuk komunikasi memainkan peranan dan menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan manusia. Contoh, seorang ibu yang menjadi dosen dan memegang jabatan structural di kampus, sebelum ke kantor menghabiskan waktunya hampir satu jam untuk membaca Koran pagi. 

Kemudian ketika berangkat ke kampus Unpad Jatinangor yang berjarak sekitar 25 km dari rumahnya, sambil menyetir mobil ibu tersebut mendengarkan radio siaran selama satu setengah jam. Sepulang mengajar ia kembali mendengarkan radio siaran. Sampai di rumah ia menyempatkan kembali membaca Koran sore atau majalah berita mingguan. Malam hari ia menonton televise sambil bercengkerama dengan keluarga. A.PENGERTIAN PROSES KOMUNIKASI MASSA Gejala umum yang dapat dilihat dari suatu proses adalah bahwa proses merupakan suatu peristiwa yang berlangsung secara kontinyu, tidak diketahui kapan mulainya dan kapan akan berakhirnya. Dalam operasionalnya, proses memerlukan berbagai komponen(elemen) penunjang. 

Demikian pula dengan komunikasi yang pada hakikatnya merupakan suatu proses, berlangsungnya komunikasi sudah pasti memerlukan berbagai komponen (elemen). Pengertian komponen di sini adalah bagian –bagian yang terpenting dan mutlak harus ada pada suatu keseluruhan atau kesatuan. Tiga komponen yaitu source, message, dan destination atau komunikator, pesan, komunikan. Apabila salah satu dari ketiga komponen tersebut tidak ada, maka komunikasi tidak dapat berlangsung. Namun demikian ketiga komponen tersebut masih terdapat komponen lainnya yang berfungsi sebagai pelengkap. Artinya, jika komponen tersebut tidak ada, maka tidak akan formula Lasswell dapat dipahami bahwa dalam proses komunikasi massa terdapat ilmu unsur yang disebut komponen atau unsure dalam proses komunikasi, 

1.Who ( Siapa ) : Komunikator, orang yang menyampaikan pesan dalam proses komunikasi massa, bisa perorangan atau mewakili suatu lembaga, organisasi maupun instansi. Segala masalah yang bersangkutan dengan unsur “siapa “ memerlukan analisis control (control analysis) yaitu analisis yang merupakan subdivisi dari riset lapangan. 

2.Says What (apa yang dikatakan) : pernyataan umum, dapat berupa suatu ide, informasi, opini, pesan dan sikap, yang sangat erat kaitannya dengan masalah analisis pesan. 

3.In which channel (melalui saluran apa) : media komunikasi atau saluran yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan kounikasi. 

4.To Whom (kepada siapa): komunikan atau audience yang menjadi sasaran komunikasi . kepada siapa pernyataan tersebut di-tujuan, berkaitan dengan masalah penerima pesan. Dalam hal ini diperlukan adanya analisis khalayak ( audience analysis).

5.With what effect (dengan efek apa): hasil yang dicapai dari usaha penyampaian pernyataan umum itu pada sasaranyang dituju.

Analisis teks

Analisis teks Analisis Wacana adalah suatu menggambarkan tata aturan kalimat, bahasa, dan pengertian bersama untuk membongkar maksud-maksud serta makna-makna tertentu. Wacana adalah suatu upaya pengungkapan maksud tersembunyi dari sang subjek yang mengemukakan suatu pernyataan.

Menurut roger fowler 1977 Wacana adalah komunikasi lisan atau tulisan yang dilihat dari titik pandang kepercayaan, nilai dan kategori yang masuk didalamnya kepercayaan di sini mewakili pandangan dunia dan juga sebuah organisasi atau representasi dari pengalaman.

Teks sendiri adalah bentuk bahasa, bukan hanya kata-kata yang tercetak di lembar kertas, tetapi juga semua jenis ekspresi komunikasi, ucapan, musik, gambar, efek suara, citra dan sebagainya Analisis teks sendiri

menurut pendapat kami adalah suatu penjabaran masalah yang di dalamnya ada suatu bahasa yang tersirat ada maksud tersembunyi dengan ucapannya.

Individu jurnalis sebagai berikut:

Menurut Ruslan Rosady . Observation yaitu : observasi dengan cara melibatkan diri atau menjadi bagian lingkungan sosial (organisasi) tengah diamati melalui teknik partisipasi dapat memperoleh data relatif lebih akurat dan lebih banyak. Karena peneliti dan kejadian atau peristiwa dalam lingkungan sosial tertentu. 

Sedangkan menurut Robert K. Yin observasi adalah : suatu bentuk observasi khusus di mana peneliti tidak hanya menjadi pengamat yang pasif, melainkan juga mengambil berbagai peran dalam situasi tertentu dan berpartisipasi dalam peristiwa-peristiwa yang akan diteliti.

Rachmat Kriyantono. Menyatakan bahwa observasi partisipan adalah “Metode observasi di mana periset juga berfungsi sebagai ikut serta dalam kegiatan yang dilakukan kelompok yang diriset, apakah kehadirannya diketahui atau tidak." Wawancara Seorang wartawan harus pandai jeli melihat informasi data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan pengamatan terhadap informan, serta studi literatur.

Teknik wawancara mendalam dipilih karena topik tentang rasisme bersifat sensitif. Dengan melakukan wawancara berdua saja dengan informan, diharapkan informan dapat lebih terbuka dalam menjawab pertanyaan peneliti mengenai topik tersebut. Selain itu maksud dari wawancara dan pengamatan ini adalah agar penulis dapat masuk kedalam perspektif informan, dan mengetahui apa yang ada di pikiran informan Makro ( konteks) Studi Dokumentasi adalah suatu hasil peliputan informasi informasi yang di dapat lapangan setelah hasil yang sudah di dapat dilaporkan meja redaksi untuk di edit informasi-informasi setelah itu di sebarkan informasi tersebut kepada khalayak lewat media serta di dokumentasikan .

Contohnya analisis wacana teks mengutip tulisan poskota hari kamis 22 november 2012 Berita tentang Jalan Tol Bukan Solusi Tepat atasi Macet JOKOWI PILIH TERAPKAN SISTEM GANJIL DAN GENAP Sebuah statement yang dilakukan oleh gubernur baru terpilih pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahya Purnama adalah Gubernur mengintruksikan dan melakukan kajian yang mendalam kepada Dinas Perhubungan menata angkutan umum, penerapan plat nomor gajil genap perlu dikaji secara serius katanya di balaikota Jakarta. Ia juga meminta Dewan Transportasi Kota Jakarta serta instansi terkait lainnya segera melakukan kajian dan memberikan rekomendasi “Harus segera agar bisa di terapkan.

Menurut Jokowi sendiri jumlah kendaraan yang melakukan aktivitas di Jakarta harus ditekan. Pemberlakuan plat nomor ganjil genap bisa menjadi salah satu solusinya Jangan sampai ini menjadi suatu wacana. Kalau di lihat analisis teks kalimat isi yang ditulis oleh seorang wartawan tersebut menggambarkan bahwa ironinya kemacetan di Jakarta yang belum kunjung usai.di lihat dari pandangan kami adalah bukan di terapkan plat nomor ganjil genap melainkan juga stop perizinan mal turut menambah semrawut lalu lintas serta para pengemudi mengendarai mobilnya jangan lambat dan juga kalau mau pergi harus satu mobil saja jangan mengeluarkan mobil banyak kemana pun. Menurut riset survey penelitian kami di lapangan adalah banyak orang yang datang ke mall padahal satu keluarga untuk berkumpul di mall akan tetapi menggunakan kendaaraan mobilnya sendiri sendiri memakai supir.ironinya Cuma mau gengsi memamerkan kekayaan yang di milikinya.

Padahal belum tentu mobil tersebut lunas bayarnya ini lah yang menyebabkan kemacetan di Jakarta. Kemudian banyak agen penjualan mobil berlomba lomba menarik konsumen untuk membeli mobil dengan iming iming cicilan mobil murah.

Dengan bunga 0% sudah membawa pulang mobil dan cukup membayar 30% saja sudah mendapatkan mobil bahkan mobil mewah luxury pun juga bisa di beli secara cicilan untuk menunjukkan gengsi kekayaan di milikinya padahal utangnya banyak di mana mana.itulah ironinya yang mengakibatkan kemacetan di Jakarta.

Solusinya adalah
1. pemerintah harus berani mengambil langkah kongrit dan tegas pemberlakuan mobil di atas 5 tahun sudah tidak boleh beroperasi di seluruh Indonesia maksimal harus 5 tahun sudah di press.
2. agen penjualan mobil harus bersifat cara pembayarannya harus Tunai tidak boleh credit.
3. mengendarai mobil jangan melamun, bengong saat mengendarai kendaraan.
4. atur tata kelola roda transportasi secara tegas dan jangan menunda nunda membangun guna membangun perekonomian di seluruh Indonesia.
5. rubah pola cara pandang menggunakan transportasi dengan tegas. Kemacetan terjadi bukan halnya di Jakarta saja melainkan di daerah-daerah kota sudah mulai mengalami kemacetan.

JENIS BERITA

JENIS BERITA:

1.Straight News Report yaitu laporan langsung tentang suatu peristiwa. Contoh: peliputan arus mudik Lebaran, pantauan kenaikan harga, kasus kecelakaan lalu lintas,dll.

2.Depth News Report yaitu informasi tambahan untuk melengkapi laporan tentang suatu peristiwa. Contoh: pengangkatan 3 pimpinan sementara KPK.

3.Comprehensive News Report yaitu laporan suatu fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek sehingga dapat ditarik benang merah/kesimpulan berikut solusinya.

4.Interpretative Report yaitu berita yang digunakan untuk mengungkap makna yang sebenarnya terjadi dari suatu peristiwa. (Bersifat bertanya terhadap suatu masalah) tetap berpegang pada fakta. Lazimnya digarap untuk menanggapi isu, masalah maupun peristiwa controversial.

5.Feature Story News yaitu penulisan berita bersifat human interest (sisi kemanusiaan). Contoh:pengalaman hidup dan kesuksesan suatu tokoh yang berhasil dalam hidupnya.

6.Depth Reporting News yaitu penggarapan suatu isu secara mendalam dengan penelusuran berbagai nara sumber. Biasanya untuk laporan tulisan utama menyangkut suatu masalah.

7.Investigative Reporting News yaitu penulisan berita melalui pendalaman intensif tentang suatu kasus yang menarik dan menyangkut kepentingan masyarakat luas. Lazimnya untuk mengungkap kasus kontroversial. Tim peliput tidak jarang harus bisa menyusup ke dalam suatu lingkungan tertentu agar didapat informasi akurat.

8.Editorial Writing News yaitu penyajian fakta dan opini oleh redaksi suatu media massa. Melalui editorial writing akan terlihat gambaran kebijakan redaksional suatu redaksi dalam menyikapi suatu persoalan yang menghangat di tengah-tengah masyarakat.

IV. KONSEP BERITA: George Fox Mott dalam New Survey of Journalism memaparkan
8 konsep berita yaitu:

1. Berita sebagai laporan tercepat yakni kecepatan berita sangat menentukan. Lebih cepat suatu berita disiarkan akan lebih baik. Berhubungan erat dengan media massa online (internet).

2. Berita sebagai rekaman menyangkut dokumentasi suatu berita yang disisipkan baik dalam rekaman suara atau gambar di TV dan radio+ Media massa cetak untuk kelengkapan fakta.

3. Berita sebagai fakta objektif yaitu berita sebagai laporan tentang fakta secara apa adanya (Das Sein) bukan seharusnya (Das Sollen).

4. Berita sebagai interpretasi yaitu kemampuan menganalisis berita dengan wawancara terhadap beberapa ahli tertentu dan memberi interpretasi terhadap fakta yang muncul. Terlihat pada penulisan jenis artikel dan editorial writing.

5. Berita sebagai sensasi yakni berita yang dapat menggemparkan khalayak. Tidak lazim digunakan kecuali untuk kepentingan tertentu oleh pihak tertentu.

6. Berita sebagai minat insani yakni bertujuan menggalang empati dan dukungan khalayak tentang suatu peristiwa yang sedang terjadi dan menimpa masyarakat di kota tertentu.

7. Berita sebagai ramalan yakni dengan mengembangkan tradisi jurnalistik presisi (ketepatan fakta) melalui jajak pendapat (polling). Hasilnya dibuat agar laporan berita dapat lebih mudah dimengerti dan dipahami khalayak luas tentang suatu peristiwa atau fenomena yang sedang terjadi.

8. Berita sebagai gambar. Aksioma: satu gambar menciptakan seribu kata melalui foto, karikatur dan gambar tentang suatu peristiwa. Berhubungan erat dengan pola atau sikap masyarakat yang lebih menyenangi gambar/foto (visual) daripada membaca (verbal).

RAGAM JURNALISTIK:

A. Jurnalistik Media Cetak
B. Jurnalistik Media Elektronik Auditif ~ Radio Siaran
C. Jurnalistik Media Elektronik Audio Visual ~ Televisi & Media On-Line (Internet) • Jurnalistik Media

Cetak Antara Lain:
1. Surat Kabar / SK Harian
2. SK Mingguan
3. Tabloid Harian
4. Tabloid Mingguan
5. Majalah I. Jurnalistik Media Cetak,
Faktor:
 a. Verbal : Kalimat
 b. Visual : Desain u/Verbal: Pemilihan Kata + Penyusunan Kalimat Yang Efektif & Komunikatif Tetap harus Akurat, Menarik Perhatian Pembaca sehingga Berita/ Tulisan Tsb mengundang minat baca khalayak u/ Visual : Lay-Out (Tata Letak) Juga harus menarik untuk menarik minat Pembaca.

Ciri Khas Media Massa:
1. u/ Penggarapan Berita di Surat Kabar lazimnya menekankan unsure kecepatan pemuatan.
2. u/Tabloid hingga Majalah, penggarapan suatu Berita/ Isu secara mendalam dari berbagai aspek, Biasanya bentuk Artikel, Laporan Utama Termasuk Feautre Story.
3. Menguasai Ruang & Waktu ~ Krn Berita Tsb dpt di Kliping/ Dokumentasi.

I. Jurnalistik Media Elektronik Auditif.
1. Verbal : Suara/ Kata/ Kalimat ~ Efektif & Komunikatif.
2. Teknologikal/ Perangkat Yang Ada ~ Memperkecil gangguan – Suara Jernih.
3. Fisual: Kemampuan/ Daya Serap Pendengar Dalam Menyimak. Ciri Khas : Menguasai ruang karena didengar/ ditangkap sebanyak mungkin o/Khalayak. II. Jurnalistik Media Elektronik
Audio Visual/ TV. # Gabungan:
a. Verbal / Kata2 yg Efektif & Komunikatif – Singkat & Padat
b. Visual / Gambar Yang hidup.
c. Teknological ~ Perangkat Daya Jangkau Siaran. d. Dramatikal ~ Gambar Dramatikal yg bisa menyentuh

Pemirsa. === Memiliki Unsur kekuatan dalam menggugah Emosi & Perilaku Pemirsa. C/: Kasus2 Pembunuhan, ditangkapnya pelaku korupsi, Dsb. === Menguasai Ruang & Waktu. Kesimpulan: • Penulisan Berita di Media Massa Tergantung dari Ragam Jurnalistik Yg Ada, Masing2 Mempunyai Ciri Khas & Karakteristik tersendiri sesuai Visi & Misi Suatu Penerbitan Pers. Ini disesuaikan Pula dengan karakteristik Audiens yang akan dituju, agar tujuan tercapai.

PRODUK JURNALISTIK:

I. Media Cetak. II. Radio III. TV – ( Internet)
1. Media Cetak :
- Surat Kabar
- Tabloid
- Majalah
- Dsb. Isi:
a. Berita
b. Opini
c. Iklan. Berita, antara lain: * Langsung (Straight News) * Menyeluruh (Comprehensive News) * Mendalam (Depth News) * Pelaporan Mendlm (Depth Reporting) * Penyelidikan (Investigative News) * Khas Bercerita (Feature News) * Gambar (Photo News)

OPINI ( VIEWS ):

a. Tajuk Rencana
b. Karikatur
c. Pojok
d. Artiker
e. Kolom
f. Esai
g. Surat Pembaca

a. Tajuk Rencana/ Induk Opini – memuat sikap/ pendapat suatu penerbitan Pers terhadap suatu peristiwa, masukan atas kebijakan2 Pemerintah.
b. Karikatur ~ Gambar atau Wajah seseorang yg dilebih2kan atas berbagai peristiwa yg sdg menjadi sorotan masyarakat. GM Sudarta.
c. Pojok ~ Pernyataan singkat seseorang tentang suatu peristiwa yg menonjol (Bertujuan: Mengingatkan/ Mencubit terhadap suatu masalah – Kontrol Sosial)
d. Artikel ~ Tulisan Lepas/ Pendapat Seseorang tentang suatu masalah tertentu/ Fenomenal.
e. Kolom ~ Opini Singkat Seseorang, bersifat komentar, saran, Informasi, Hiburan, Biasanya dilengkapi Foto Penulisannya. Moh. Sobary.
f. Esai ~ Tulisan Lepas Seseorang di bidang Kesusastraan. Taufik Abdullah, dkk.
g. Surat Pembaca ~ Memuat keluhan & komentar pembaca atas peristiwa yang dialami.
• Diharapkan ada Feed-Back dari Insitusi yg dikeluhkan
• Menjadi Kontrol Sosial Oleh Pers.

Teori Peluruh atau Jarum Hipodermik

Teori komunikasi massa Teori komunikasi massa yang kita bahas di sini bernuansa teori efek media (theories of media effects). 

Menurut Straubhaar dan LaRose (2000), disamping mengkaji tentang apa saja efek media terhadap manusia, para peneliti juga membuktikan bagaimana peranan media terhadap manusia secara psikis.
A.) Teori Peluruh atau Jarum Hipodermik Teori peluru ini merupakan konsep awal efek komunikasi massa yang oleh para pakar komunikasi tahun 1970an dinamakan pula hypodermic needle theory (Teori jarum Hypodermik). Teori ini ditampilkan tahun 1950-an setelah peristiwa penyiaran kaleidoskop stasiun radio siaran CBS di Amerika Serikat berjudul The Invansion from Mars (Effendy.1993: 264-265).

Teori ini mengasumsikan bahwa media memiliki kekuatan yang sangat perkasa, dan komunikasn dianggap pasif atau tidak tahu apa-apa. Seorang komunikator dapat menembakkan peluru komunikasi yang begitu ajaib kepada khalayaknya yang tidak berdaya (pasif).
1. Model Komunikasi Satu Tahap (One Step Flow Of Communication) Model ini merupakan pengembangan dari teori komunikasi jarum hypodermik: pesan yang disampaikan melalui media massa langsung ditunjukkan kepada komunikan tanpa melalui perantara, misalnya opinion leader , Namun pesan tersebut tidak mencapai semua komunikan dan juga tidak menimbulkan efek yang sama pada setiap komunikan.

Dalam model jarum hypodermik ada tokoh yang pas dalam menelitinya yaitu Model Harold D. Lasswell Model komunikasi menurut Lasswell berupa ungkapan verbal yang selama ini kita kenal dengan paradigm Lasswell,Yaitu 

1. Who (siapa sumbernya)
2. Says what (apa yang disampaikan)
3. In which channel (Melalui media apa)
4. To whom (siapa sasarannya)
5. With what effect (apa pengaruhnya).

Lasswell mengemukakan model ini dan kaitannya dengan strategi komunikasi massa. Dalam strategi komunikasi massa, menentukkan komponen-komponen perlu mendapat perhatian yang sangat cermat dan tepat karena target khalayak sarannya banyak. 

Dalam penelitian komunikasi massa amatlah penting menentukan unsur sumber (who) yang merangsang pertanyaan mengenai pengendalian pesan (misalnya oleh penjaga gawang), dan unsur pesan (says what) yang merupakan bahan untuk analisis isi. Saluran komunikasi (in which channel) dikaji dalam analisis media. Unsur penerima (to whom) dikaitkan dengan analisis khalayak, sementara unsure pengaruh (whith what effects) jelas berhubungan dengan studi mengenai akibat yang ditimbulkan pesan komunikasi masssa pada khalayak pembaca, pendengar atau pemirsa (Mulayana, 2007: 148).

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...