Minggu, 28 Oktober 2018

Sontoloyo Dalam Komunikasi

Komunikasi adalah Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang lainnya (khalayak)”. Dua orang pada saat melalukan pembicaraan yang memiliki umpan balik (feed back) saling berhadapan untuk membahas suatu masalah yang terjadi.
Sontoloyo adalah konyol, tidak benar, tidak sesuai dengan fakta dan data, tidak beres, asal bunyi dalam berkomunikasi. Kalau digabungkan dalam melakukan interaksi berbicara dan sontoloyo adalah pada saat melakukan pembicaraan, bicara kepada dua orang memiliki umpan balik (feed back) atau lebih atau berbicara di depan publik atau menulis di  media konvensional ataupun media dalam jaringan orang tersebut asal bunyi, konyol dan tidak sesuai dengan fakta dan data dalam melakukan interaksi kepada lawan bicaranya.
Kalau dalam berbicara harus sesuai dengan maksud, tujuan lawan bicaranya dan bisa di pahami oleh lawan bicara pada saat berkomunikasi, hal ini sering terjadi miss komunikasi di Indonesia karena dapat diartikan salah tafsir, salah menangkap maksud tujuan bicaranya dan juga muncul hoax yang dimana dalam melakukan komunikasinya tidak sesuai dengan fakta apa yang dibicarakan bisa di lihat dari mata pada saat melakukan pembicaraannya kedua belah pihak.
Penulis
Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...