Rabu, 28 November 2012

New media ( media baru)

latar belakang munculnya media baru/new media/media online Sebelum media baru berkembang, pada awalnya perkembangan media muncul zaman Romawi kuno sekitar 60 SM muncul media untuk pernyataan umum yang dikenal dengan nama Acta Senatus atau Acta Diurna Populi Romawi. Acta Diurnaini terbit setiap hari yang isinya memuat pengumuman dari Kaisar Roma dan berita – berita kegiatan kekaisaran lainya yang ditempel atau di pasang di pusat kota yang disebut Forum Romanum. Dikenal juga orang yang menjual jasa untuk mencatat isi beritanya disebut dengan Actuari. Semakin lama jumlah Actuari semakin banyak sehingga berita dibacakan setiap pagi selama dua jam oleh pegawai istana.

Perkembangan selanjutnya ditulis dan ditempel di Forum Romanum. Acta Diurna diterbitkan oleh Julius Caesar pada tahun 59 SM dan bertahan 4 abad sampai runtuhnya kekaisaran Roma pada tahun 476 M. Dizaman kekaisaran Augustus cara penyampaian berita banyak diperbaiki, yaitu dengan cara beranting. Para pakar menyebut masa sebelum Acta Diurna sebagai Masa Prajunalis dan masa setelah Acta Diurna sebagai Masa Jurnalis. 

Setelah ada masa Acta Diurna adalah masa jurnalis maka muncul lah kegiatan jurnalis. Oleh karena itu muncul surat kabar pertama kali muncul telah ada jauh sebelum di temukannya mesin cetak oleh john Gutenberg pada tahun 1450 di Mainz, Jerman. Dahulu surat kabar di tulis tangan dan diperjualbelikan langsung antara pelanggan dan pembuat berita/penulis. Setelah itu perkembangan surat kabar berkembang muncul di Eropa. Surat kabar pertama di Eropa terbit tahun 1609 bernama Aviso akan tetapi, pecahnya revolusi perancis tahun 1791 berdampak pada meningkatnya jumlah surat kabar dari 30 menjadi 100 penerbitan.

Kemudian surat kabar itu digerakkan oleh tokoh-tokoh politik untuk agitasi, merongrong pemerintahan napoleon. Kabarnya surat kabar di Perancis mengalami penindasan, Surat kabar di Inggris ingin menikmati kebebasan ( abad ke 18).

Dengan di tandai berdirinya lembaga pers Internasional di London ( 1785). Pada akhirnya tahun 1980 persurat kabaran di Eropa ( berbahasa Belanda-Perancis) bisa beredar di Negara lain penduduknya biasa memakai 2-3 bahasa nasional. Kemudian perkembangan di Amerika Serikat sendiri surat kabar mulai ada percetakkan pertama di bangun pada tahun 1938 di Harvard University.

Percetakan mulanya di prioristaskan untuk buku-buku agama. 52 tahun kemudian, terbit surat kabar pertama “ Public Accurance” di Boston (1690) oleh Benyamin Haris umur “ Public occurance” hanya sehari. Lalu muncul surat kabar mingguan “ Boston News Letter” oleh John Campbell ( 1704) dan “ Boston Gazette”/ 1719.

Isinya kotbah-kotbah gereja. Memasuki abad ke 19, ditemukan percetakkan yang bisa di gerakkan oleh tenaga uap. Semula surat kabar hanya di produksi 500-600 eks/jam bisa menjadi 4 ribu eks/jam mengundang lahirnya surat kabar baru adalah New York Sunyang di pimpin Benyamin Day. Di Asia itu sendiri perkembangannya surat kabar tertua terbit di Cina tahun 911 “ kingpau”.

Selisih tujuh abad sebelum surat kabar pertama terbit di Eropa cikal bakal surat kabar ini tidak dipublikasikan. Surat kabar Asia di perkenalkan oleh Eropa dan Amerika Serikat. Seiring perkembangan surat kabar yang mulai berkembang maka dari itu muncullah surat kabar di Indonesia “ Memorie Des Nouvelles” tahun 1615. Berbentuk newsletter dan untuk pegawai kerajaan Belanda yang bertugas di Indonesia. Surat kabar pertama terbit di Indonesia “ Betaviase Nouvelles en Politique Raisoven Mensen,” pada tahun 1744 dalam bahasa Belanda.

Teknik cetak jarak jauh tentu akan memudahkan pendistribusian media cetak kedaerah sehingga, waktu pengiriman bisa di pangkas. Tahun 1791 Abde Claude Chappe ( 1793-1805) menyatukan dua kata menjadi sebuah istilah telegram optik, untuk menggambarkan digunakannya sederet menara mengirimkan sebuah pesan yang kasat mata oleh satu menara dari satu menara sebelumnya. Telegram merupakan sebuah terobosan dalam komunikasi karena isi memungkinkan terjadinya komunikasi instan-instan dua orang yang tidak berhadapan muka.

Gagasan untuk mengirimkan pesan-pesan sandi dengan sarana kabel yang masing-masing mewakili setiap huruf dalam abjad. Sebelum berkembangnya televisi sebagai media massa, dunia telah lebih dulu di pikat oleh kemunculan film. Film dimasukkan kedalam kelompok komunikasi massa selain mengandung aspek hiburan, juga membuat pesan edukatif. Namun aspek sosial kontrolnya tidak sekuat pada surat kabar atau serta merta televise yang memang menyiarkan berita berdasarkan fakta terjadi. Film sebagai alat komunikasi massa baru di mulai pada tahun 1901, ketiga Ferdinand Zecca membuat film the story of crime di Perancis dan Edwards porter membuat film “The Life of an American fireman” tahun 1992. Film yang mempunyai suara baru ditemukan pada tahun 1927 dari masa ke masa, film mengalami perkembangan, termasuk soal warna yang semula hitam putih sekarang sudah berwarna. Film lebih banyak di fahami banyak di fahami sebagai di pahami sebagai media hiburan semata yang di putar dibioskop dan televisi. Baru setelah tahun 1946 , kegiatan dalam bidang televise tersebut tampak di mulai lagi. Pada waktu itu, di seluruh Amerika Serikat hanya terdapat beberapa buah pemancar. Tetapi kemudian, karena situasi dan kondisi yang mengizinkan serta perkembangan teknologi, maka jumlah studio/pemancar televise pun menginglat dengan hebatnya. Perkembangan ini dimulai dari ditemukannya electrische teleskop sebagai perwujudan gagasan seseorang mahasiswa dari Berlin (Jerman Timur) yang bernama Paul Nikov, untuk mengirim gambar melalui udara dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Hal ini terjadi antara tahun 1883-1884. Akhirnya Nikov diakui sebagai “ Bapak Televisi. Sekarang, sudah sekitar 750 stasiun televise terdapat di Negara Paman Sam itu. Tak heran, bila televisi akhirnya menjadi kebutuhan hidup sehari-hari di seluruh penjuru AS dan merupakan kekuatan yang luar biasa dalam komunikasi massa. Lebih dari 75 juta pesawat televisi digunakan secara tetap.pada tahun 1946, televise di nikmati sebagai media massa ketika khalayak dapat menonton siaran Rapat Dewan Keamanan PBB di New York.

Dewasa ini, setiap Negara telah mempunyai pemancar televisi. Bahkan melalui parabola sebagai sambungan satelit, pemirsa dapat dinikmati siaran dari luar negaranya seperti yang terjadi di Indonesia. Penyiaran televise kerumah pertama dilakukan pada tahun 1928 secara terbatas kerumah tiga orang eksekutif General Electric, menggunakan alat yang sederhana. Sedangkan penyiaran televise secara elektrik pertama kali dilakukan pada tahun 1936 oleh British Broadcasting Coorporation.Sementara di jerman penyiaran TV pertama kali terjadi pada tanggal 11 mei 1939. Stasiun televise itu kemudian diberi nama Nipko, sebagai penghargaan terhadap Paul Nikov.

Televisi selain menyajikan aspek hiburan, juga menyiarkan berita, yang ada di antaranya bersifat sosial control. Selama tiga puluh tahun ‘kotak ajaib’ ini sendiri lahir setelah adanya beberapa penemuan teknologi seperti telepon, telegraf, fotografi (yang bergerak dan tidak bergerak ) serta rekaman suara. Terlepas dari semua itu, pada kenyataannya media televise kini dapat di bahas secara mendalam, baik dari segi isi pesan maupun penggunanya. Selang seabad kemudian, pada malam tanggal 30 oktober 1938, ribuan masyarakat Amerika panik karena siaran radio yang menggambarkan serangan makhluk mars yang mengancam peradaban manusia. Karena belum pernah terjadi maka serentak seluruh masyarakat Amerika tegang dan kalang kabut.

Akibat peristiwa tersebut para pakar peneliti sosial tertarik untuk meneliti masalah tersebut. Karena hal tersebut menggambarkan keperkasaan media dalam hal mempengaruhi khalayaknya. Karena dengan media orang bisa berebut kekuasaan dengan mudah seperti yang dilakukan oleh Hitler, Musolini, dan Lenin.

Guglielmo Marconi (Griffone, dekat Bologna, 25 Aprl 1874-Roma, 20 Juli 1937). lnsinyur lektro Italia; adalah orang pertama yang pada tahun 1895 berhasil melakukan pengiriman sinyal tanpa kawat melewati jarak± 2 km. dengan suatu pesawat pemancar dan pengirim buatannya sendiri,kedua-duanya dilengkapi dengan antena penemuannya sendiri pula. Pada tahun 1898 berhasil dijalin hubungan telegraf tanpa kawat antara lnggeris dan Perancis; tahun 1909 dia menerima hadiah Nobel untuk ilmu alam bersama K. F. Braun, penemu tabung sinar elektron dan penerap lingkaran getaran pada radio telegrafi penemuan Marconi.Penyiar informasi dalam bentuk berita dan penylaran musik oleh radio dimulai hampir bersarnaan. Tetapi yang terkenal iaiah penylaran kegiatan pemilihan umuni presidan Amerika Serikat pada tanggal 2 November 1920 yang dianggap sebagai penyiaran berita pertama secara luas dan teratur kepada masyarakat.Usaha Marconi ketika itu baru berhasil pada tahap mengirimkan gelombang radio secara on dan off (nyala dan mati), sehingga baru bisa menylarkan kode telegraf. Lee Dc Frost lalu menemukan vacumm tube yang berfungsi menangkap sinyal radio walaupun lemah. Sementara Frank Conrad secara regular menyiarkan produk-produk sebuah department store di AS. Akibat siaran ini, angka penjualan pesawat radio meningkat tajam hingga 500 ribu buah pada tahu 1923, atau meningkat 5 kali lipat dibangingkan tahun berikutnya. Radio sebagal media elektronik, dimasukkan kepada komunikasi massa, karena ada berita yang disiarkan secara luas dan dapat di dengar oleh orang banyak. Untuk berita, radio mempunyai reporter khusus yang mencari dan mengolah berita.Sekarang radio masih tetap memainkan perannya sebagai media massa, meskipun televisi dan surat kabar atau majalah mengalami kemajuan pesat, baik kualitas maupun kuantitasnya. Perkembangan mutakhir dan teknologi komunikasi adalah kemunculan internet yang merebak dengan cepat. Sebelum membahas tentang internet, terlebih dahulu kita bahas mengenai penemuan komputer sebagi sarana yang digunakan untuk mengakses internet.

Komputer pertama yang bernama Colossus 1, dibuat di Amerika Serikat pada awal tahun 1941. Perkembangan-perkembangan sebelumnya, yang merintis lahirnya komputer modern adalah dimulai dan berkembangnya aljabar logik dan George Boole (lnggris), yang dikembangkan oleh Charles Babbage yang menghasilkan kalkulator manikal yang dinamakan ‘Differential Engine. Komputer elektronik yang pertama yang telah dituliskan bernama Colossus 1, akhirnya dibuat oleh Alan Turing dan M.H.A Neuman, untuk pemerintah Britania di universitas Manchester. Dari kemunculan komputer inilah yang di kemudian hari terus mengembang dan akhirnya lahirlar fasilitas internet. Internet adalah sejenis media massa yang agak baru.Tahun 1972 merupakan awal kelahiran jaringan Internet, yaltu dengan adanya proyek yang menghubungkan antara jaringan komunikasi pada jaringan komputer ARPANET. Proyek tersebut telah menetapkan sebuah metoda baru untuk menghubungkan berbagai macam jaringan yang berbeda yang dikenal sebagai konsep gateway. Pada tahun 1973-1977, dikembangkan protokol TCP/IP (Transmission Control/internetworking Protocol). Protokol inidigunakan untuk pengiriman informasi yang dikenal sebagai paket (packet).Internet baru dimanfaatkan di Indonesia pada tahun 1996. Seseorang yang mempunyai pesawat komputer dapat menyambungkannya dengan jaringan komputer Iainnya lewat satelit. Informasi yang dibuat seseorang dapat diketahui oleh banyak orang sepanjang orang lain tersebut mempunyai jaringan. Karena dapat diakses oleh publik inilah, maka internet dapat dikategorikan sebagai media massa. Lebih dari Iima orang Amerika dewasa menggunakan internet di rumah, kantor atau sekolah, dan di atas 10% menggunakannya setiap hari.

Dari karakteristik jenis kelamin hampir sama banyaknya lelaki dengan perempuan yang menggunakan web (situs). Bagi masyarakat modern, kehadiran teknologi komunikasi dianggap sangat penting karena era saat ini teknologi komunikasi pada masyarakat modern disebut media baru new media) atau komunikasi bersifat interaktif.

Menurut salah seorang pakar Ilmu komunikasi Van Dijk menyatakan bahwa salah satu bagian dari New Media adalah “Network Society”. “Network society” adalah formasi sosial yang berinfrastuktur dari kelompok, organisasi dan komunitas massa yang menegaskan bentuk awal dari organisasi dari segala segi (individu, grup, organisasi, dan kelompok sosial).Dengan kata lain, aspek mendasar dari formasi teori ini adalah semua yang memiliki hubungan yang luas secara kolektifitas. 

Apa yang dimaksud dengan Network society juga menuai pendapat yang beragam dari masyarakat. Sebagian besar orang beranggapan bahwa sosial dan jaringan media adalah bentuk lurus dari organisasi.

menurut pendapat R Cahyo Prabowo mengenai media baru/new media/media online adalah suatu alat sebagai sarana komunikasi yang dimana saling berinteraksi,berpendapat, tukar informasi,mengetahui berita yang melalui saluran jaringan internet serta informasinya selalu terbaru secara kilat dan juga lebih efisien ringkas memberikan informasi kepada pembaca. media baru/new media/ media online sangat berbeda jauh dengan media konvesional seperti radio, televisi,media cetak,media massa dll jangan di sama ratakan dengan media konvensial.jelas new media(media baru,media online)memiliki kecepatan melakukan sebuah interaksi,lebih efisien,lebih murah, lebih cepat mendapatkan sebuah informasi terbaru dan terupdate informasinya.kelemahannya pada jaringan koneksi internet saja jika jaringan internet lancar dan cepat maka informasi yang di sampaikan kepada pembacanya dengan cepat serta harus ada juga koneksi internet dimana pun berada bersama media baru(new media/media online). 

Sumber:
1.Ibu Dosen Hayu Lusianawati, M.Si, “Diktat Perkembangan Teknologi Tomunikasi”
2.Bill, Yenne, (Sri Sekilas mengetahui, 100 peristiwa yang berpengaruh di dalam dunia), op.cit.hal 104 3.Mafri Amir, Etika Komunikasi Massa Dalam Perdagangan Islam, op cit, hal 27 
4.Wawan Kuswandi, Komunikasi Massa, Sebuah Analisis Media Televisi, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 1996, hal 6
5.Muhammad Mufid, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, Prenada MediaGroup, Jakarta, 2007, hal 29 6.Jalaludin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Rosdakarya, Bandung, 2005, hal 195
7.Muhammad Mufid, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, op.cit hal 25
8.Bill Yenne, Seri Sekilas Mengetahui, 100 Peristiwa yang Berpengaruh di Dalam Sejarah Dunia, op.cit, hal 198
9.Edhy sutanta, Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005, hal.13 10.Rosady Ruslan, Manajemen Public Relation & Media Komunikasi : Konsepsi dan
11.Aplikasi,Edisi Revisi, PT Raja Grafindo Persada,Jakarta, 2003, hal. 64
12.Aditya Nagara, “Kamus Praktis Bahasa Indonesia”, Bintang Usaha Jaya,Surabaya 2002, hal 253

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar