Selasa, 30 April 2013

Kenikmatan Ikan pindang (Fish boiled pleasure)

Ikan pindang merupakan hasil olahan yang cukup populer di Indonesia, dalam urutan hasil olahan ikan tradisional ikan pindang menduduki tempat kedua setelah ikan asin. Pemindangan adalah salah satu cara pengawetan ikan yang merupakan kombinasi dari penggaraman dan perebusan.

tujuan dari proses pemindangan adalah untuk menghambat aktifitas atau membunuh bakteri pembusuk maupun aktifitas enzim. Proses pemindangan ini menghasilkan limbah (hasil samping) dalam proses pengolahannya, yaitu berupa sisa rebusan ikan dalam bentuk air.

Cairan ini selama ini dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan petis ikan. Petis ikan adalah produk yang berwarna hitam dengan aroma khas dan bertekstur lunak yang dapat memberi rasa sedap pada masakan. menurut pendapat saya adalah jenis kuliner makanan ini sangat enak dan nikmat sekali untuk di hidangkan.apalagi nasi dan sambel kecap rasanya lebih nikmat sekali. oleh sebab itu ikan pidang (ikan cuek) dapat di simpulkan kuliner yang nikmat,murah,goreng kriuk dan enak di sajikan. 

bahasa inggris : Boiled fish is produced that is quite popular in Indonesia, the traditional order of the processed fish boiled fish occupy the second place after the salted fish. Pemindangan is one way of preserving fish which is a combination of salting and boiling., The purpose of the process is to inhibit the activity pemindangan or kill spoilage bacteria and enzyme activity. 

Pemindangan process produces waste (by-product) in the treatment process, which is a fish stew in the form of residual water. This fluid has been used as a raw material for the manufacture of fish paste. Fish paste is a product that is black with a distinctive aroma and soft texture that can give a sense of the savory dishes. in my opinion this is the kind of culinary food is very tasty and delicious once in serve. moreover for rice and soy sauce taste more delicious. therefore pidang fish (fish ignored) can be concluded culinary delights, cheap, and tasty fried Kriuk at present. pindang fish is very good and grace.

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...