Kamis, 03 Oktober 2013

Media Online / Media Baru (New Media) dan Para Calon Kandidat Pemilu 2014

Dahulu kala orang untuk melakukan sebuah informasi pesan apa pun melalui burung dara, sejarah burung dara memiliki manfaaat banyak orang untuk melakukan kegiatan pesan informasi kepada khalayak / orang. Seiring berkembangnya zaman yang modern muncul sebuah media konvensional dan media online / media baru (new media).

Kehadiran media konvensional sangat banyak manfaatnya, apalagi bagi Indonesia media konvensional pada saat kemerdekaan itu sangat berguna sekali dan banyak manfaatnya. Misalnya bagi Indonesia pada saat kemerdekaan dikumandangkan oleh Sang Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta media konvensional seperti majalah, koran, brosur, tulisan digerbong kereta, radio sampai dengan telivisi memiliki peran penting dan memiliki manfaat banyak bagi seluruh rakyat Indonesia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah merdeka dan berdaulat penuh.

Seiring waktu memasuki abad yang lebih modern, maka muncul lah sebuah media yang lebih mutakir, cepat, praktis dan lebih murah yaitu kehadiran Internet sangat membuat kehidupan berbangsa dan bernegara contohnya pada saat ini peran media online / media baru (new media) sangat membantu kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Kemunculan media online / media baru (new media)  bukan halnya untuk melakukan penyebaran informasi, jual-beli (e-commerce) saja melainkan juga sebagai ajang komunikasi politik para calon kandidat maju untuk pemilu 2014 di Indonesia. 

Fenomena media online / media baru (new  media) di Indonesia seperti saat ini berkembang begitu pesat, pengguna dan khalayaknya semakin banyak apalagi ditambah adanya undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik semua kegiatan informasi publik, jual-beli (e-commerce),rumah, sekolah, perbankan,perusahaan-perusahaan nasional, pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten sampai ke pemerintah kota, penerimaan calon pegawai negeri sipil (cpns) di seluruh Indonesia banyak masyarakat di seluruh Indonesia menggunakan media online / media baru (new media) untuk kehidupan sehari hari serta sampai para calon kandidat menggunakan media online / media baru (new media) sebagai bentuk komunikasi politiknya untuk maju di pemilu 2014.

Media online / media baru (new media) sudah masuk kedalam teori komunikasi massa, yang dimana pesan yang disampaikan kepada khalayak luas melalui media online / media baru (new media) dan juga mempunyai landasan undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Para calon kandidat melakukan komunikasi politiknya lewat berbagai macam media online / media baru (new media) misalnya lewat facebook, twitter, serta media online / media baru (new media) lainnya. Media online / media baru (new media) lebih murah, cepat, praktis, efisien, aksesnya mudah dibandingkan media konvensional yang cukup mahal dan banyak memenuhi persyaratan banyak.

Penulis
R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...