Selasa, 05 Mei 2015

Mahalnya Air Bersih di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara hukum, negara Indonesia memiliki jumlah pulau yang sangat banyak 17508 pulau dari Sabang hingga Merauke. Negara Indonesia dari dulu sampai tidak tahu kapannya masih dikelilingi oleh penggunungan yang luas, lembah, semak belukar, lautan yang luas, dataran tinggi banyak, sumber mata air yang cukup banyak berlimpah ruah dll.

Dalam dewasa ini masyarakat Indonesia membutuhkan sebuah air yang diminum untuk di konsumsi dan digunakan untuk sehari-hari kehidupannya. Sumber mata air dan air yang berada di negara Indonesia sangat berlimpah ruah dan banyak namun kendalanya ialah dalam menghasilkan sebuah air bersih atau mengangkat air bersih di sumber mata air dipegunungan atau dari perusahaan air pada umumnya cukup mahal untuk biaya mendapatkan air bersih di Indonesia.

14303906941824054915

Namun di Indonesia sendiri ketika musim kemarau panjang, masyarakat Indonesia sulit mendapatkan air bersih untuk di konsumsi dan digunakan sehari-hari mangkanya air bersih di daerah itu sangat mahal jika terjadi kelangkaan ketika air di tempat penampungan itu mengalami pengeringan atau kemarau sangat panjang (tidak turun hujan cukup banyak) di wilayah seluruh Indonesia.

14303909571118143169

Hanya di kota-kota besar Indonesia yang mendapatkan air bersih itu pun mendapatkannya air bersih tidak gratis yang melalui pengelola perusahaan air minum dan tiap bulan harus membayar tagihan air bersih. Makna air bersih itu sangat lah luas, banyak ukuran, kandungan, layak digunakan dan dikonsumsikah air bersih itu sendiri, berapa takaran volume air, berapa ph air bersihnya dan berapa ukuran tds air bersihnya.

14303927481082717538

Setiap air bersih untuk layak dikonsumsi dan digunakan biasanya saring terlebih dahulu melalui sebuah proses penyaringan yang mempunyai banyaknya filter air spoon dan karbon atau memang pada dasarnya air tersebut berasal dari sumber mata air penggunungan tapi yang mahal ialah ongkos biaya angkut transportasinya dari penggunungan ke perkotaan.

1430392921310197088

Sudah banyak orang / masyarakat pada umumnya berlomba-lomba membuat sumur jetpump untuk mendapatkan sebuah air bersih di rumahnya. Memang untuk membuat sumur jetpump sangatlah mahal dan tergantung beli mesin yang akan digunakan demi mendapatkan air bersih.

14303931141559969813

Kesimpulannya adalah untuk mendapatkan sebuah air bersih di Indonesia sangatlah mahal,langka dan harus butuh ekstra biaya tambahan mahal untuk mendapatkan sebuah air bersih yang layak di konsumsi dan digunakan. oleh karena itu kalau masyarakat yang sudah mendapatkan air bersih berlimpah ruah tetaplah bersyukur apa didapat dari Tuhan Yang Maha Esa dan manfaatkan air bersih untuk kehidupan.

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...