Jumat, 01 Februari 2013

Pengertian Filsafat

Secara etimologis kata filsafat (dalam bahasa indonesia), falsafah (dalam bahasa arab), Philosophy (dalam bahasa inggris), berasal dari bahasa Yunani philosophia, yang berasal dari kata philein atau philia atau philos yang berarti cinta dan sophos yang berarti kebijaksanaan.

Orang pertama yang menggunakan kata philosophia adalah Pythaghoras.

Pengertian filsafat dapat dibedakan menjadi: Filsafat sebagai suatu sikap Filsafat sebagai suatu metoda Filsafat sebagai kumpulan persoalan Filsafat sebagai suatu sistem pemikiran Filsafat sebagai analisa analogis.

Filsafat sebagai usaha untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh Secara terminologis Filsafat merupakan suatu bentuk pemikiran manusia mengenai segala sesuatu dengan meninjau sebab-sebabnya yang terdalam dengan menggunakan akal pikiran.

Dalam kamus filsafat, pengertian filsafat didefinisikan sebagai Upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas.

Upaya untuk melukiskan realitas akhir dan dasar serta nyata Upaya untuk menentukan batas-batas dan dan jangkauan pengetahuan.

Penyeledikan kritis atas pengandaian-pengandaian dan pernyataan-pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu Anda melihat apa Anda katakan dan untuk mengatakan apa yang Anda lihat Tahapan perenungan.

Filsafat Descartes menyatakan ada beberapa tahapan untuk memulai perenungan filsafat, yaitu:

Menyadari adanya masalah Meragukan dan menguji secara rasional anggapan-anggapan.

Memeriksa penyelesaian-penyelesaian terdahulu Mengajukan hipotesis.

Menguji konsekuensi-konsekuensi.

Menarik kesimpulan.

Objek material:

Sarana kajian filsafat :yakni segala yang ada, kongkrit, abstrak, maujud, materiil-imateriil, phisik-nonphisik.

Objek kajian filsafat adalah segala sesuatu realitas baik yang tampak maupun yang tidak tampak.

Objek formal: Sudut pandang kefilsafatan dalam mengkaji objek materiilnya itu, misalnya dari sudut ontology(hakikat ada),epistimologi (hakikat pengetahuan) aksiologi(hakikat manfaat).

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...