Jumat, 01 Februari 2013

Ciri-ciri berfikir filsafat dan Sifat dasar serta Metode filsafat

Berfilsafat adalah kegiatan berfikir dengan ciri:

Kritis (senantiasa mempertanyakan sesuatu)

Radikal (mendalam)

Konseptual, generalisasi dan abstaraksi Koheren (runtut dan konsisten)

Rasional (sesuai dengan nalar)

Komperhensif (menyeluruh)

Universal (berlaku dimana pun)

Spekulatif (kebenarannya bersifat dugaan)

Sistematis (ada hubungan antara unsur)

Bebas (tidak terkekang)

Sifat dasar & Metode filsafat Sifat dasar Filsafat Mempunyai tingkatan keumumam yang tinggi Tidak faktawi Berkaitan dengan makna Berkaitan dengan nilai Implikatif .

Metode Filsafat Metode analisis:melakukan perincian terhadap istilah-istilah kedalam bagian-bagiannya agar dapat menangkap makna yang terkandung Metode sintesis:penggabungan pengetahuan untuk mendapat menyususn suatu pandangan.

Metode anatiliko-sintesis:penggabungan antara metode,analisis,dan sintesis dengan melakukan perincian terhadap istilah kemudian mengumpulkan kembali istilah. Metode dialog sokrates:dialog antara dua pendirian yang berbeda Perangkat metode & Cabang filsafat Perangkat metode filsafat adalah logika, yaitu cara-cara berfikir untuk mencapai kesimpulan setelah didahului premis.

Logika di bagi dua:

Logika deduktif; Penarikan kesimpulan dari pernyataan yang umum ke khusus.

logika induktif; penarikan kesimpulan dari pernyataan khusus ke umum.

Cabang-cabang filsafat:

Metafisika berkaitan dengan hakikat Epistimologi, berkaitan dengan persoalan pengetahuan Metodologi, berkaitan dengan persoalan metode ilmiah Logika, berkaitan dengan kesimpulan Etika, berkaitan dengan persoalan moralitas Estetika,berkaitan dengan persoalan keindahan.

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...