Minggu, 29 September 2013

Media dan Komunikasi Politik Calon Kandidat Pemilu 2014 di Indonesia


Media berasal dari kata “mediasi” karena mereka hadir di antara pemirsa dan lingkungan.Jadi pada intinya media adalah suatu wadah/ tempat / alat/ opini untuk memberikan dan menyampaikan pesan informasi, berupa tulisan, artikel, sosial-ekonomi,budaya, politik hingga berita suatu kejadian yang sedang hangat dibicarakan dari komunikator ke komunikan melalui saluran media.

Media itu sendiri konteksnya sangatlah luas dan banyak contohnya saja media cetak, media massa, media konvensional hingga media online / media baru (new media). Media Online / media baru (new media) sudah termasuk kedalam ilmu komunikasi massa karena pesan diberikan kepada khalayak luas melalui saluran media online / media baru (new media) dan selalu teruptodate (terbaru) dalam menyampaikan pesan berita informasi kepada khalayak luas.

Lalu apa kaitannya media dan komunikasi politik calon kandidat pemilu 2014 di Indonesia? Kedua belah pihak ada saling kaitannya antara media dan juga calon kandidat di pemilu 2014 di Indonesia. Kaitannya adalah media tempat/ wadah/ alat menyampaikan berita informasi kepada khalayak luas dan juga opini publik (pendapat umum) yang disampaikan oleh masyarakat melalui saluran media, lalu hubungannya tentang komunikasi politik calon kandidat pemilu 2014, para calon kandidat berlomba-lomba mengapresiasikan dan mengkomunikasikan politiknya lewat berbagai macam media, mulai dari media cetak seperti baliho,poster, koran, media konvensional seperti radio, tv dan juga saluran media online / media baru (new media).

Padahal Pemilu 2014 masih tinggal 8 bulan lagi, akan tetapi para calon kandidat sudah mulai start berlomba-lomba untuk unjuk gigi, muncul kepermukaan mengkomunikasikan politik lewat berbagai macam saluran media di Indonesia. Sudah banyak sekali contohnya media yang melakukan pesan berita komunikasi politiknya oleh para calon kandidat pemilu 2014 di Indonesia.

Semoga Indonesia menjadi Lebih baik, Akuntabel, Transparansi dan Profesional
salam Indonesia raya, damai dan bersatu untuk semua lapisan masyarakat.

Penulis

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...