Rabu, 18 September 2019

Waspada Menggunakan "Pinjaman Daring" Fintech di Indonesia

Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akuran, mudah, murah, efektif, dan efisien.
Lantaran adanya masyarakat massa dengan budaya massa itulah media massa sering mengabaikan keberadaan individu dalam masyarakat yang dianggap hanya sebagai "atomisasi" yang tidak mempunyai koneksi sosial di antara anggota massa. Kelompok mengambang inilah yang tak mempunyai karakter tertentu sehingga mudah dijadikan sebagai sasaran tembak media massa modern melalui teknik periklanan dan propaganda.
Kini kemajuan teknologi komunikasi, semakin banyak orang menggantungkan hidup pada media  online (dalam jaringan internet) sehingga teknologi media online (daring) sangat mempengaruhi khalayak luas yang lebih mudah, praktis, cepat, hemat waktu, internet mudah diakses, digunakan, anytime , internet of think, masyarakat lebih menyukai dalam menggunakannya.Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung satu sama lainnya melalui media komunikasi.Internet memang menyediakan suatu ruangan bagi khalayak untuk berekspresi, baik lewat tulisan, video, gambar, suara ataupun gabungan keempatnya namun tidak semua konten dalam internet memiliki nilai kepentingan untuk dikethui oleh khalayak.Banyak fasilitas lain dari internet yang jauh dari pengertian media massa itu sendiri.Indonesia sendiri, memasuki era digitalisasi media,era teknologi, era reformasi, era keterbukaan informasi publik, era modernisasi media, era bebas berpendapat namun harus tahu mana yang benar, mana yang tidak pesan disampaikan kepublik, Indonesia era UU ITE yang dimana salah menggunakannya proses hukum berlaku di negara Indonesia, era media daring (online) dll. 
Salah satu perkembangan media daring (online) adalah Fintech. Ya, siapa tak mengenal fintech,  sistem keuangan inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang menggunakan online teknologi.Fintech sangat luas dalam berbagai segmen baik, bisnis ke bisnis (B To B), bisnis ke costumer (B to C). Fintech adalah suatu startup di bidang bisnis jasa kuangan salah satu bisnisnya adalah meminjamkan uang kepada penggunanya yaitu masyarakat. 
Contohnya adalah ketika orang mau meminjam uang kini beralih menggunakan Pinjaman Online tersebut. Hal ini masyarakat Indonesia sering kejebak dengan pinjaman online tersebut dengan di iming imingi bunga rendah, biaya hemat dll namun pada akhirnya di cekik dan sulit membayar pada akhirnya si peminjam tersebut kena daftar hitam Bank Indonesia. Hal tersebut sering terjadi contohnya A meminjam di Pinjaman Online sebesar  1 jutaan ga tahunya pas diterima di rekening A hanya sebesar 700 ribuan dan bunganya lumayan agak besar sehingga sulit melunasi utang dari pinjaman onlinenya bahkan bisa melebihi utangnya.
Dalam hal ini harus waspada terhadap Pinjaman Online (daring) tersebut, tanyakan kembali asal usul kejelasan, bertanya, bunganya gimana, prosedurnya bagaimana,cara melunasinya gimana atau misalnya lainnya berbadan hukum perusahaan, firma, cv  ga si pinjaman onlinenya, sudah terdaftar di Bank Indonesia belum, sudah ada izin dari OJK atau belum dll supaya tidak dirugikan.Kalau mau dalam meminjam uang,nabung, butuh dana dll, sebaiknya datang saja langsung ke perbankan plat merah contohnya Bank Mandiri, Bank Bri, Bank BNI, Bank BTPN, dll  atau ke perbankan swasta yang sudah bisa di percaya supaya tetap aman,terjaga asetnya, tahu persis bunga bank itu sendiri supaya jangan salah memilih dalam melakukan pinjaman keuangannya.
Penulis
R Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...