Minggu, 24 Maret 2013

Analisis teks

Analisis teks Analisis Wacana adalah suatu menggambarkan tata aturan kalimat, bahasa, dan pengertian bersama untuk membongkar maksud-maksud serta makna-makna tertentu. Wacana adalah suatu upaya pengungkapan maksud tersembunyi dari sang subjek yang mengemukakan suatu pernyataan.

Menurut roger fowler 1977 Wacana adalah komunikasi lisan atau tulisan yang dilihat dari titik pandang kepercayaan, nilai dan kategori yang masuk didalamnya kepercayaan di sini mewakili pandangan dunia dan juga sebuah organisasi atau representasi dari pengalaman.

Teks sendiri adalah bentuk bahasa, bukan hanya kata-kata yang tercetak di lembar kertas, tetapi juga semua jenis ekspresi komunikasi, ucapan, musik, gambar, efek suara, citra dan sebagainya Analisis teks sendiri

menurut pendapat kami adalah suatu penjabaran masalah yang di dalamnya ada suatu bahasa yang tersirat ada maksud tersembunyi dengan ucapannya.

Individu jurnalis sebagai berikut:

Menurut Ruslan Rosady . Observation yaitu : observasi dengan cara melibatkan diri atau menjadi bagian lingkungan sosial (organisasi) tengah diamati melalui teknik partisipasi dapat memperoleh data relatif lebih akurat dan lebih banyak. Karena peneliti dan kejadian atau peristiwa dalam lingkungan sosial tertentu. 

Sedangkan menurut Robert K. Yin observasi adalah : suatu bentuk observasi khusus di mana peneliti tidak hanya menjadi pengamat yang pasif, melainkan juga mengambil berbagai peran dalam situasi tertentu dan berpartisipasi dalam peristiwa-peristiwa yang akan diteliti.

Rachmat Kriyantono. Menyatakan bahwa observasi partisipan adalah “Metode observasi di mana periset juga berfungsi sebagai ikut serta dalam kegiatan yang dilakukan kelompok yang diriset, apakah kehadirannya diketahui atau tidak." Wawancara Seorang wartawan harus pandai jeli melihat informasi data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan pengamatan terhadap informan, serta studi literatur.

Teknik wawancara mendalam dipilih karena topik tentang rasisme bersifat sensitif. Dengan melakukan wawancara berdua saja dengan informan, diharapkan informan dapat lebih terbuka dalam menjawab pertanyaan peneliti mengenai topik tersebut. Selain itu maksud dari wawancara dan pengamatan ini adalah agar penulis dapat masuk kedalam perspektif informan, dan mengetahui apa yang ada di pikiran informan Makro ( konteks) Studi Dokumentasi adalah suatu hasil peliputan informasi informasi yang di dapat lapangan setelah hasil yang sudah di dapat dilaporkan meja redaksi untuk di edit informasi-informasi setelah itu di sebarkan informasi tersebut kepada khalayak lewat media serta di dokumentasikan .

Contohnya analisis wacana teks mengutip tulisan poskota hari kamis 22 november 2012 Berita tentang Jalan Tol Bukan Solusi Tepat atasi Macet JOKOWI PILIH TERAPKAN SISTEM GANJIL DAN GENAP Sebuah statement yang dilakukan oleh gubernur baru terpilih pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahya Purnama adalah Gubernur mengintruksikan dan melakukan kajian yang mendalam kepada Dinas Perhubungan menata angkutan umum, penerapan plat nomor gajil genap perlu dikaji secara serius katanya di balaikota Jakarta. Ia juga meminta Dewan Transportasi Kota Jakarta serta instansi terkait lainnya segera melakukan kajian dan memberikan rekomendasi “Harus segera agar bisa di terapkan.

Menurut Jokowi sendiri jumlah kendaraan yang melakukan aktivitas di Jakarta harus ditekan. Pemberlakuan plat nomor ganjil genap bisa menjadi salah satu solusinya Jangan sampai ini menjadi suatu wacana. Kalau di lihat analisis teks kalimat isi yang ditulis oleh seorang wartawan tersebut menggambarkan bahwa ironinya kemacetan di Jakarta yang belum kunjung usai.di lihat dari pandangan kami adalah bukan di terapkan plat nomor ganjil genap melainkan juga stop perizinan mal turut menambah semrawut lalu lintas serta para pengemudi mengendarai mobilnya jangan lambat dan juga kalau mau pergi harus satu mobil saja jangan mengeluarkan mobil banyak kemana pun. Menurut riset survey penelitian kami di lapangan adalah banyak orang yang datang ke mall padahal satu keluarga untuk berkumpul di mall akan tetapi menggunakan kendaaraan mobilnya sendiri sendiri memakai supir.ironinya Cuma mau gengsi memamerkan kekayaan yang di milikinya.

Padahal belum tentu mobil tersebut lunas bayarnya ini lah yang menyebabkan kemacetan di Jakarta. Kemudian banyak agen penjualan mobil berlomba lomba menarik konsumen untuk membeli mobil dengan iming iming cicilan mobil murah.

Dengan bunga 0% sudah membawa pulang mobil dan cukup membayar 30% saja sudah mendapatkan mobil bahkan mobil mewah luxury pun juga bisa di beli secara cicilan untuk menunjukkan gengsi kekayaan di milikinya padahal utangnya banyak di mana mana.itulah ironinya yang mengakibatkan kemacetan di Jakarta.

Solusinya adalah
1. pemerintah harus berani mengambil langkah kongrit dan tegas pemberlakuan mobil di atas 5 tahun sudah tidak boleh beroperasi di seluruh Indonesia maksimal harus 5 tahun sudah di press.
2. agen penjualan mobil harus bersifat cara pembayarannya harus Tunai tidak boleh credit.
3. mengendarai mobil jangan melamun, bengong saat mengendarai kendaraan.
4. atur tata kelola roda transportasi secara tegas dan jangan menunda nunda membangun guna membangun perekonomian di seluruh Indonesia.
5. rubah pola cara pandang menggunakan transportasi dengan tegas. Kemacetan terjadi bukan halnya di Jakarta saja melainkan di daerah-daerah kota sudah mulai mengalami kemacetan.

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...