Rabu, 21 Agustus 2013

Demokrasi, Keterbukaan, dan New Media/Media Baru (Media Online) di Indonesia

Demokrasi sendiri ialah sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Begitulah pemahaman yang paling sederhana tentang demokrasi, yang diketahui oleh hampir semua orang. Berbicara mengenai demokrasi adalah memperbincangkan tentang kekuasaan, atau lebih tepatnya pengelolaan kekuasaan secara beradab. Ia adalah sistem manajemen kekuasaan yang dilandasi oleh nilai-nilai dan etika serta peradaban yang menghargai martabat manusia.

Pelaku utama demokrasi adalah kita semua, setiap orang yang selama ini selalu diatasnamakan namun tak pernah ikut menentukan. Menjaga proses demokratisasiadalah memahami secara benar hak-hak yang kita miliki, menjaga hak-hak itu agar siapapun menghormatinya, melawan siapapun yang berusaha melangggar hak-hak itu.

Demokrasi pada dasarnya adalah aturan orang (people rule), dan di dalam sistem politik yang demokratis warga mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur pemerintahan di dunia publik.  Sedang demokrasi adalah keputusan berdasarkan suara terbanyak dan akan terpilih secara langsung.

Di era Keterbukaan pada pemerintahan sekarang ini, masyarakat bisa menilai sendiri dalam kinerja pemerintahan dan juga masyarakat dapat bisa mengetahui informasi-informasi yang disampaikan dari pemerintahan pusat sehingga, banyak masyarakat kita yang menyampaikan aspirasi opini balik lewat berbagai saluran media yang ada.

Keterbukaan informasi membawa manfaat banyak bagi masyarakat luas hingga ke pelosok tanah air dan hanya pesan atau informasi yang disampaikan ke setiap pelosok tanah air harus penuh perjuangan karena moda transportasi ke pelosok tanah air belum memadai sehingga pesan nformasi yang disampaikan kepada masyarakat pelosok harus melalui dialog, saluran radio, media konvensional bertukar pikiran satu sama lain serta aspirasi masyarakat di pelosok tanah air ditampung dan terima baik.

Contoh yang dimaksud demokrasi, keterbukaan New Media /Media baru (media online) adalah kehadiran new media /media baru (media online) banyak masyarakat kita mudah mengaksesnya, menggunakannya untuk sosial media, e-commerce, E-ticket yang semuanya sudah dimodernisasikan lewat sebuah new media / media baru (media online) apapun bentuknya pada zaman demokrasi, keterbukaan dan New media / media baru (media online) pada saat ini sangat cepat, tepat, akurat dalam menyampaikan pesan yang disampaikannya secara global dan dunia.

Contoh Lain adalah era Demokrasi, Keterbukaan, dan New Media / Media Baru (Media Online) para calon kandidat pemimpin berlomba-lomba menyampaikan pesan komunikasi politiknya melalui media online sehingga khalayak luas dapat mengetahui kandidat tersebut untuk menyongsong pemilu 2014 sebentar lagi akan dimulai.

New Media / Media Baru (media online) sudah termasuk kedalam teori ilmu komunikasi massa karena pesan yang disampaikan kepada khalayak luas melalui media massa/ media online itu sendiri secara terbaru, cepat,akurat, tepat dan global.

Banyak sekali manfaat kehadiran new media  media baru (media online) di Indonesia pada saat ini oleh karena itu manfaatkanlah new media / media baru (media online) dalam hal mencari kehidupan yang lebih baik.

Penulis

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...