Jumat, 23 Agustus 2013

Dinamika Perkembangan New Media / Media Baru (Media Online) Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia

Pasca pemerintahan orde baru lengser pada tahun 1998, era reformasi muncul ditahun 1998 sd sekarang. Era reformasi berlangsung dari tahun 1998 sampai dengan saat ini. Era reformasi sudah berjalan 15 tahun sejak tahun 1998 pasca pemerintahan orde baru dan muncul dengan sistem demokrasi.

Demokrasi sendiri ialah sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Begitulah pemahaman yang paling sederhana tentang demokrasi, yang diketahui oleh hampir semua orang. Berbicara mengenai demokrasi adalah memperbincangkan tentang kekuasaan, atau lebih tepatnya pengelolaan kekuasaan secara beradab. Ia adalah sistem manajemen kekuasaan yang dilandasi oleh nilai-nilai dan etika serta peradaban yang menghargai martabat manusia.

Pelaku utama demokrasi adalah kita semua, setiap orang yang selama ini selalu diatasnamakan namun tak pernah ikut menentukan. Menjaga proses demokratisasiadalah memahami secara benar hak-hak yang kita miliki, menjaga hak-hak itu agar siapapun menghormatinya, melawan siapapun yang berusaha melangggar hak-hak itu.

Demokrasi dan reformasi membawa manfaat banyak bagi khalayak luas untuk mendapatkan informasi, informatika, bisnis, perdagangan, sekolah daftar lewat online,sosial media,  semuanya lewat online jika penggunanya memahami media online itu sendiri  dan juga muncul sebuah media online / media baru (new media) mulai dari peralihan masyarakat yang tadinya menggunakan media konvensional namun seiring berkembangnya waktu masyarakat banyak yang menggunakan New Media / Media Baru (media online) dan khususnya masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di kota-kota besar, perumahan dll.

Bagi masyarakat di pelosok tanah air untuk mendapatkan informasinya lewat tatap muka, berdialog, berdiskusi, berbicara kepada lawan bicaranya, kentongan, serta media konvensional masih disenangi di seluruh aspek kehidupan pelosok tanah air Indonesia sebab new media / media baru (media online) menggunakan akses jaringan koneksi internet dan jaringan koneksi internet di Indonesia masih belum memadai hingga menyentuh pelosok tanah air serta juga jaringan koneksi internetnya belum cepat seperti halnya di luar negeri sudah cepat.

Kota-kota besar di seluruh Indonesia Dinamika Perkembangan New Media / Media Baru (media online) Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia pada saat ini sudah mulai berkembang secara signifikan dan penggunaanya sudah mulai banyak sehingga masyarakat luas bisa mendapatkan informasi, informtika, perkembangan usaha, perusahaan, sekolah, daftar kerja, sosial media untuk bertemu dengan teman lama bisa menggunakan lewat New Media / Media Baru (media online) di seluruh tanah air Indonesia.

Penulis
R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...