Jumat, 23 Agustus 2013

New Media / Media Baru (Media Online) Sebagai Bentuk Komunikasi Efektif Pada Khalayak Di Indonesia Dan Khalayak Secara Global

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini, telah membuat dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga computer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat informasi, Informatika dan Perdagangan Online berkembang dengan sangat cepat,tepat dan secara global. Perubahan informasi dan informatika kini tidak lagi dalam jangka minggu ataupun hari bahkan jam sudah mulai terkalahkan dengan waktu tiap detik dapat diperoleh melalui sumber informai yang disebut Internet.
Internet menghubungkan banyak computer di seluruh dunia sehinggga memungkinkan untuk saling bertukar pesan satu sama lain, komunikasi efektif menggunakan lewat online selain interaksi manusia tatap muka kesehari-hariannya dan berbagi akses ke data yang ada di komputer masing-masing. Lebih jauh lagi, karena ke interaktifannya internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi dengan kata lain internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan pekerjaan yang di lakukan oleh manusia.
Kebutuhan masyarakat terhadap informasi, informatika dan jual-beli (e-commerce) kian meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informai dan komunikasi. Tak heran jika keberadaan internet (New Media) kian popular di kalangan masyarakat perkotaan secara global. Apalagi dengan mengadalkan unsur kecepatan, ketepatan internet tampak lebih cepat, akurat mencangkup secara global dibandingkan media konvensional lainnya.
Oleh karena itu internet merupakan media online / media baru (new media) yang tidak tebatas oleh waktu secara global serta internet dapat melakukan pencarian informasi, informatika dan perdagangan terbaru selama 24 jam nonstop sehari dan mudah di akses kapan saja dan dimana saja jika ada koneksi sambungan internet bisa digunakan dan diaksesnya.
Keberadaan internet yang mulai dimanfaatkan oleh para pemilik modal untuk memenuhi kebutuhan informasi, informatika dan menjalankan usaha perdagangan dengan cepat, tepat, praktis dan relatif murah secara global dibandingkan lewat media konvensional begitu mahal ongkos biayanya. Seiring berjalannya waktu peran media cetak mulai tergantikan dengan new media / media baru (media online) dalam kehidupan masyarakat kota-kota besar secara global.
New Media / Media Baru (Media Online) mulai diminati oleh khalayak karena dinilai jauh lebih praktis, modern, cepat, tepat dan tingkat aktualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan media cetak sehingga cocok untuk menunjang aktifita warga yang sibuk dengan segala aktifitas secara global.
Selain masyarakat berkomunikasi efektif lewat tatap muka secara global, namun seiring berkembangan zaman semakin modern, banyak masyarakat sekarang pun komunikasi efektifnya mulai berubah  lewat New Media / Media Baru (Media Online) secara global.
Contohnya dalam hal sekolah, perbankan, bisnis, sosial-politik, media sosial, budaya, perusahaan dan juga mencakup aspek berbangsa serta negara secara global.
Suatu saat nanti pola komunikasi efektif manusia akan berubah melalui saluran new media / media baru (media online) secara global dan khususnya di Indonesia komunikasi efektif kepada manusia lainnya harus melalui tatap muka, dialog, musyawarah, rapat, sms, telp untuk bertemu karena di Indonesia sendiri soal jaringan telekomunikasi internet untuk mengaksesnya belum memadai hingga ke pelosok tanah air Indonesia, masih mahal dan juga untuk kesetiap daerah harus butuh waktu memakan waktu cukup lama.
Penulis 
Raden Cahyo Prabowo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunikasi Marah (Communication Angry)

Komunikasi suatu interaksi manusia yang memiliki umpan balik (feed back) kepada lawan bicaranya untuk membahas suatu masalah. Dalam melakuk...