Perkembangan
teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini, telah membuat
dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari
wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi
hingga computer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat
informasi, Informatika dan Perdagangan Online berkembang dengan sangat
cepat,tepat dan secara global. Perubahan informasi dan informatika kini tidak
lagi dalam jangka minggu ataupun hari bahkan jam sudah mulai terkalahkan dengan
waktu tiap detik dapat diperoleh melalui sumber informai yang disebut Internet.
Internet
menghubungkan banyak computer di seluruh dunia sehinggga memungkinkan untuk
saling bertukar pesan satu sama lain, komunikasi efektif menggunakan lewat
online selain interaksi manusia tatap muka kesehari-hariannya dan berbagi akses
ke data yang ada di komputer masing-masing. Lebih jauh lagi, karena ke
interaktifannya internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi
dengan kata lain internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan
pekerjaan yang di lakukan oleh manusia.
Kebutuhan
masyarakat terhadap informasi, informatika dan jual-beli (e-commerce) kian
meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informai dan komunikasi. Tak
heran jika keberadaan internet (New Media) kian popular di kalangan masyarakat
perkotaan secara global. Apalagi dengan mengadalkan unsur kecepatan, ketepatan
internet tampak lebih cepat, akurat mencangkup secara global dibandingkan media
konvensional lainnya.
Oleh
karena itu internet merupakan media online / media baru (new media) yang tidak
tebatas oleh waktu secara global serta internet dapat melakukan pencarian
informasi, informatika dan perdagangan terbaru selama 24 jam nonstop sehari dan
mudah di akses kapan saja dan dimana saja jika ada koneksi sambungan internet
bisa digunakan dan diaksesnya.
Keberadaan
internet yang mulai dimanfaatkan oleh para pemilik modal untuk memenuhi
kebutuhan informasi, informatika dan menjalankan usaha perdagangan dengan
cepat, tepat, praktis dan relatif murah secara global dibandingkan lewat media
konvensional begitu mahal ongkos biayanya. Seiring berjalannya waktu peran
media cetak mulai tergantikan dengan new media / media baru (media online)
dalam kehidupan masyarakat kota-kota besar secara global.
New
Media / Media Baru (Media Online) mulai diminati oleh khalayak karena dinilai
jauh lebih praktis, modern, cepat, tepat dan tingkat aktualitasnya lebih tinggi
dibandingkan dengan media cetak sehingga cocok untuk menunjang aktifita warga
yang sibuk dengan segala aktifitas secara global.
Selain masyarakat berkomunikasi efektif lewat tatap muka secara global, namun seiring berkembangan zaman semakin modern, banyak masyarakat sekarang pun komunikasi efektifnya mulai berubah lewat New Media / Media Baru (Media Online) secara global.
Contohnya dalam hal sekolah, perbankan, bisnis, sosial-politik, media sosial, budaya, perusahaan dan juga mencakup aspek berbangsa serta negara secara global.
Suatu saat nanti pola komunikasi efektif manusia akan berubah melalui saluran new media / media baru (media online) secara global dan khususnya di Indonesia komunikasi efektif kepada manusia lainnya harus melalui tatap muka, dialog, musyawarah, rapat, sms, telp untuk bertemu karena di Indonesia sendiri soal jaringan telekomunikasi internet untuk mengaksesnya belum memadai hingga ke pelosok tanah air Indonesia, masih mahal dan juga untuk kesetiap daerah harus butuh waktu memakan waktu cukup lama.
Penulis
Raden Cahyo Prabowo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar