Rabu, 11 Desember 2013

Media Online/Media Baru (New Media) dan Pemilu 2014 di Indonesia

Seiring Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini dan Adanya Undang-undang keterbukaan informasi publik (UUKIP Nomor.14 Tahun 2008), telah membuat dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga komputer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat informasi dan perdagangan berkembang dengan sangat cepat.

Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah berada dalam skala menit bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut internet Internet menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan untuk saling bertukar pesan satu sama lain dan berbagi akses ke data yang ada di komputer masing-masing.

Lebih jauh lagi, karena ke interaktifannya internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi dengan kata lain internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan pekerjaan yang di lakukan manusia. Kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan jual-beli kian meningkat seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tak heran jika keberadaan internet (New media) kian populer di kalangan masyarakat perkotaan.

Apalagi dengan mengandalkan unsur kecepatan, internet tampak lebih cepat dibandingkan media massa lainnya seperti media cetak maupun media elektronik. Karena internet merupakan media online yang tidak terbatas oleh waktu secara global serta internet dapat melakukan pencarian informasi terbaru dan menjalankan suatu perdagangan kapan saja selama 24 jam sehari dan mudah di akses kapan saja. 

Keberadaan internet yang mulai dimanfaatkan oleh para pemilik modal untuk memenuhi kebutuhan informasi dan menjalankan usaha perdagangan dengan cepat, praktis, dan relatif murah dibandingkan lewat media konvensional begitu mahal ongkos biayanya.

Seiring berjalannya waktu peran media cetak mulai tergantikan dengan media online dalam kehidupan masyarakat terutama di kota-kota besar. Media online mulai diminati warga karena dinilai jauh lebih praktis, modern, dan tingkat aktualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan media cetak sehingga cocok untuk menunjang aktifitas masyarakat perkotaan yang sibuk dengan segala aktivitas. 

Media online memiliki tingkat aktualitas yang lebih tinggi dibanding dengan media cetak karena pada penerbitan beritanya media online bisa diterbitkan kapan saja atau dengan kata lain tidak terkait dengan waktu, sangat berbeda dengan media cetak yang pendistribusiannya terikat dengan waktu dalam periode tertentu. Media online telah dijadikan para pengguna sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

Point penting dari aktivitas media online sebagai wadah / tempat melakukan transaksi jual-beli (e-commerce) sebenarnya adalah bagaimana saling mendapatkan suatu produk yang akan mau dijual maupun dibeli. Ketika mendapatkan suatu produk yang akan dijual maupun dibeli kita bisa mencarinya lewat media online sebagai tempat / wadah yang akan dituju.

Media online (new media) bukan hanya tempat jual-beli saja diera keterbukaan informasi saat ini melainkan juga untuk menginformasikan dan mengetahui para calon kandidat pemimpin kepada khalayak mengenai pemilu 2014 di Indonesia lewat.

Lewat media online/media baru (new media) para pembaca dapat mengetahui Pemilu 2014 masih tinggal kurang lebih 125 hari lagi kedepan. Ini sebuah pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas di Republik Indonesia untuk memilih siapa calon pemimpin dan wakil pemimpin serta memilih wakil rakyat untuk memasuki kursi di DPD RI, DPRD RI,DPR RI, MPR RI sampai dengan Presiden RI dan Wakil Presiden RI.

Sudah mulai bermunculan para calon kandidat dan terutama dari kaum muda sudah mulai unjuk gigi serta berlomba-lomba mengkomunikasi politik, orasi politiknya lewat berbagai macam media apa pun dan juga terjun langsung kelapangan serta melakukan orasi politiknya ke Universitas-Universitas yang ada di Indonesia.

Para calon kandidat bukan hanya pria saja yang memperebutkan kemenangan kursi kekuasaan di Negeri Ini melainkan juga  didominasi oleh calon kandidat perempuan (kaum hawa) sudah mulai unjuk gigi, orasi ilmiah, komunikasi politik, diskusi, dialog lewat berbagai macam media serta tatap muka kepada warga masyarakat.

Indonesia negara yang sangat luas, memiliki beraneka ragaman semua ada di Indonesia, cagar budaya yang begitu banyak,memiliki pulau 17508 pulau dari sabang sampai merauke yang begitu luas dan memiliki pantai-pantai (lautan) yang eksotik, bersih dengan berbagai macam kehidupan yang ada didalam laut Indonesia serta dll yang dimiliki oleh Indonesia.
Inilah sebuah pesta demokrasi yang ada di Negara Kesatuan Republik  menjelang pemilu 2014. 

Memang pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2014 lagi panas-panasnya musim politik dalam memperebutkan kursi kekuasaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Lebih mudah mengetahui,mendapatkan informasi seputar pemilu 2014 di Indonesia lewat media online / media baru (new media) di Indonesia dan lebih praktis,efesien dalam rangka memberikan informasi kepada khalayak luas tentang pemilu 2014 di Indonesia.

Padahal untuk memperebutkan kursi kekuasaan tidaklah murah dan penuh tanggung jawab yang berat visi dan misi para calon kandidat pemilu 2014. Lalu siapa yang akan menjadi pemenang menjadi Presiden RI, dan Wakil Presiden RI dan warna apa yang akan menjadi pemenang di Pemilu 2014 di Republik Indonesia?

Semoga Indonesia menjadi lebih baik, bermartabat,damai dan bersatu untuk semua lapisan masyarakat.

Penulis

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...