Jumat, 20 Desember 2013

Paradigma Penelitian Kualitatif

Paradigma merupakan pola atau model tentang bagaimana sesuatu distruktur (bagian dan hubungannya) atau bagaimana bagian-bagian berfungsi (perilaku yang didalamnya ada konteks khusus atau dimensi waktu). Khun (1962 dalam 'The Structue of Scientific Revolution' mendefinisikan 'paradigma ilmiah' sebagai contoh-contoh  termasuk hukum, teori aplikai dan instrumentasi secara bersama-sama yang menyediakan model yang darinya muncul tradisi yang koheren dari penelitian ilmiah. Penelitian yang pelaksanaannya didasarkan pada paradigma bersama berkomitmen untuk menggunakan aturan dan standar praktek ilmiah yang sama.

Definisi Khun tersebut, Harmon (1970) mendefinisikan 'paradigma' sebagai cara mendasar untuk mempersepsi,berpikir, menilai dan melakukan yang berkaitan dengan sesuatu secara khusus tentang visi realitas.

Capra (1996) mendefinisikan paradigma sebagai 'konstelasi konsep, nilai-nilai persepsi dan praktek yang dialami bersama oleh masyarakat, yang membentuk visi khusus tentang realitas sebagai dasar tentang cara mengorganisasikan dirinya.

Penulis buku penelitian kualitatif lainnya (Denzin dan Lincoln 1987) menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatjan berbagai metode yag ada.

Penulis lainnya memaparkan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan penegertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks khusus.

Sumber
Lexy J.Moleong.2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosda,Hlm: 5 dan Hlm: 49


Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...