Senin, 02 Desember 2013

Pentingnya Komunikasi Antarpribadi Antara Pasien dengan Dokter

Komunikasi adalah suatu interaksi manusia yang melalui tatap muka dan berbicara langsung antar kedua belah pihak manusia yang mempunyai umpan balik (feedback) tanpa adanya suatu noise (hambatan) kecuali berbicaranya dijalan raya pasti ada noise.

Komunikasi antar pribadi adalah suatu interaksi/ komunikasi berbicara manusia yang melalui tatap muka, kedua arah, berbicara langsung kedua belah pihak yang mempunyai umpan balik (feedback) pada manusia itu sendiri untuk berbicara kedua belah pihak.

Zaman modernisasi, industrialisasi dan teknologi informatika semakin canggih berkembang, tak lumput dengan pentingnya komunikasi pribadi antara pasien dengan dokter, dokter dengan pasien sehingga tidak terjadinya miss komunikasi antara kedua belah pihak.

Seorang pasien sangat membutuhkan komunikasi antar pribadi/ komunikasi dua arah antara dokter dengan pasien sehingga pasien bisa mengetahui kondisi penyakit yang dideritanya apa.Jika salah dalam berkomunikasi/ miss komunikasi antara dokter dengan pasien akibatnya bisa terjadi fatal dalam berkomunikasi.

Oleh karena itu pentingnya komunikasi antar pribadi antara pasien dengan dokter, dokter dengan pasien bisa menyelesaikan suatu permasalahan kondisi penyakit pasien dan seorang pasien bisa lebih senang berkomunikasi dengan dokternya untuk membahas permasalahan kondisi penyakit pasien.Berkomunikasi antar pribadi itu sangatlah penting sekali dalam dunia kedokteran dan dunia interaksi manusia.

Penulis

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...