Jumat, 10 April 2015

Mau Sukses Ujian Nasional, Ini Dia Tips & Triknya……

Dalam konteks dunia pendidikan di Indonesia, Ujian nasional adalah sebuah ujian hal yang paling ditakuti oleh setiap siswa/ siswi yang akan menyelesaikan studi sekolah tingkat terakhir. Bahkan ujian nasional sendiri sering dilakukan setiap setahun 3 kali. Loh ko 3 kali dalam pelaksanaan ujian nasional?

Ujian nasional sendiri dimulai dari tingkat SD, SLTP, hingga SLTA sampai Smk.Ujian Nasional adalah hal yang sangat momok, ditakuti, was-was setiap insan siswa-siswi pada saat akan menyelesaikan tugas akhirnya di sekolah yang selama ini iya mencari ilmu, bernaung, bersosialisasi dengan orang dll.

Ujian Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2015 sd 16 April 2015 mulai dilaksanakan tingkat SLTA, Smk dan sederajatnya. Pasti setiap para siswa/ siswi dalam pasti was-was takut tidak lulus ujian nasional apalagi sekarang ada wacana ujian nasional menggunakan online lewat komputer diselenggarakan pasti para siswa/siswi bertambah kawatir takut ga lulus.

Oleh karena itu bagi yang akan melaksanakan ujian nasional pada hari senin tanggal 13 April 2015 sd 16 April 2015, ini dia tips, trick dan mau sukses di ujian nasional dari penulis sebagai berikut.

1. Berdoa
Dalam memulai, menjalankan, melaksanakan, dan menutup aktifitas diusahakan berdoa dulu menurut keyakinan & kepercayaan masing-masing supaya diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan sesuatu yang sulit kepada sang Khalik.

2. Belajar
Doa sudah, belajar lah dengan tekun, sebelum pelaksanaan ujian nasional dan jangan mempercayai kunci jawaban ujian nasional yang diberikan oleh siapa pun juga.

3. Yakin
Sebelum pelaksanaan ujian nasional dimulai, berdoa kepada Sang Khalik supaya diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan soal ujian nasional. Yakinlah pada diri sendiri dahulu, jangan mempercayai kunci jawaban dari teman, sebelah dll kalau kunci jawabannya salah semua bagaimana jadinya, apa yang terjadi…? kan bisa berakibat fatal bagi dirinya sendiri bahkan pada akhirnya tidak lulus.

4. Usaha
Usahakan lah mengerjakan apa pun dilakukan diri sendiri dahulu, dan berdoa  lah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ingat kunci kesuksesan seseorang itu dimulai dari diri sendiri dahulu bukan orang lain yang merubah nasib kita dan bahkan negara yang merubah nasib kita tapi diri sendiri dahulu.

5. Sampai
Hidup itu harus berfokus pada satu tujuan yang sama, niat baik hasilnya juga baik dan memuaskan. Begitu juga dalam mengerjakan ujian nasional harus berfokus, teliti, ulet dan pikiran tetap fokus relax supaya tidak gelambyar kemana-mana. Usahakan buang jauh-jauh hal yang tidak ada manfaatnya karena bisa tidak berfokus, merusak pada saat mengerjakan ujian nasional.

6. Tricknya
Usahakan mengerjakan apa pun yang dikerjakan termasuk dalam mengerjakan soal ujian nasional harus dikerjakan sendiri, tetap berfokus menyelesaikan ujian nasional dan jangan mempercayai kunci jawaban yang bohong atau kunci jawaban yang merusak diri kita sendiri.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan berguna. Semoga sukses selalu yang akan melaksanakan ujian nasional, tetap fokus, yakin, usaha & sampai, jangan mempercayai kunci jawaban orang lain. Percayailah pada diri sendiri, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...