Minggu, 28 Juli 2019

Generasi Muda, Generasi Daring (ONLINE) Indonesia

Generasi muda adalah generasi penerus cita-cita bangsa Indonesia untuk maju dan terus berkembang mengikuti zaman. Generasi muda lah yang memiliki ide sebuah kreatif dan inovasi di ciptakan  untuk dirinya sendiri, bangsa dan negara. Namun era sekarang, generasi muda harus pandai mengikuti perkembangan zaman apalagi dengan hadirnya daring (online) di Indonesia harus bisa menyesuaikan diri terhadap dengan perkembangan zaman kini dan nanti.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini, telah membuat dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga komputer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat informasi dan perdagangan berkembang dengan sangat cepat. Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah  berada dalam skala menit bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut internet.
Internet telah membuat manusia-manusia (sebagai pengguna) mampu menjelajah ruang maya kemana-mana, berkomunikasi dengan beragam informasi global, memasuki jagad perbedaan dan lintas etnis, agama, politik, budaya, dan lain sebagainya. Manusia diajak bercengkerama, berdialog dan mengasah ketajaman nalar dan psikologinya dengan alam yang hanya tampak di layar.Internet menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan untuk saling bertukar pesan satu sama lain dan berbagi akses ke data yang ada di komputer masing-masing. Lebih jauh lagi, karena ke interaktifannya internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi dengan kata lain internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan pekerjaan yang di lakukan manusia.
Begitu pula generasi muda sekarang, kini dan nanti, generasi muda hidup di era modernisasi media, era digitalisasi media, era keterbukaan infomasi publik, era inovasi-inovasi dan memunculkan ide-ide kreatif baru sehingga dapat menghasilkan sesuatu dari hasil kerja kerasnya, era UU ITE,Era bebas berpendapat di Indonesia, Era ONLINE (DARING) yang dimana lebih mudah, praktis, efisien, cepat, hemat segalanya  contohnya seperti sekarang mau pesan makanan tinggal pilih melalui aplikasi, tinggal pilihan setelah itu dipesan dan lalu ditunggu kemudian dianter oleh pembawa makanan yaitu grab atau gojek atau lainnya dengan sesuai aplikasi ya, kemudian ada ecommerce,ecommerce sebagai perdagangan online dengan model bisnis ke bisnis lalu bisnis ke customer semua produk yang dijual apa aja ada asalkan ada uangnya barang yang mau dibeli atau pun dijual, lalu ada anter sebelum era daring seperti sekarang generasi muda dan masyarakat untuk menjalankan aktifitas harus jalan kaki sampai berkm namun sekarang tinggal buka handphone, buka aplikasi, nyalakan koneksi internet lalu pilih lokasi ketempat tujuan, tunggu sebentar kemudian di depan rumah ada klakson berbunyi di depan pintu rumah, dengan mengucapkan salam kemudian si pengantar sesuai aplikasi tujuannya ya, baik pak. setelah itu berangkat menjalankan aktifitas sehari hari di kota-kota besar hingga ke pelosok negeri Indonesia, kemudian pendaftaran cpns sudah menggunakan online, layanan publik sudah online,ruang guru sudah ada, grab, gojek dll ada, mau jalan jalan udah online bisa tahu kunjungan lokasi wisata yang dicarinya, perbankan sudah online dengan hadirnya agent-agent bank dll, mau buat video kreatif, konten kreatif ada youtube serta lainnya.
Dalam hal ini generasi muda adalah generasi daring (online) era sekarang, kini dan nanti yang menggunakan sistem jaringan koneksi internet dan aplikasi di handphonenya sehingga untuk mempermudah dalam penggunaan sehari-hari menjalankan aktifitas. Hal ini merupakan sebuah merubah pola pikir untuk menjadi kreatif, inovatif dan produktif, pola kehidupannya sudah mulai baru dan bergeser dengan hadirnya sebuah era online di Indonesia yang dimana bisa sebut juga Smart Digital Media Indonesia lebih mudah, praktis, efisien, mudah digunakan, terus berkembang kini dan nanti.
Penulis
R Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...