Media
adalah suatu sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada
publik, Media adalah semua saluran pesan yang dapat digunakan sarana komunikasi
ke seseorang ke orang lain yang tidak ada dihadapanya. Media sebagai suatu
wadah untuk menyampaikan pesan, informasi, teks, gambar dll dari komunikator ke
komunikan secara luas.
Media
Komunikasi adalah suatu media yang memberikan pesan informasi yang berupa
tertulis maupun tidak tertulis contohnya media yang tertulis adalah seperti
surat kabar, majalah, koran, majalah dinding, surat menyurat dari perusahan ke
perusahaan lain, orang ke perusahaan, iklan melalui media cetak, media yang
tidak tertulis biasanya menggunakan saluran elektronik seperti radio,
televisi serta media online (new media) misalnya email, website, ecommerce,
televisi berjaringan internet, youtube, dll yang dimana pesannya dikirim secara
luas.
Indonesia
sendiri, perkembangan internet untuk online, kian waktu berkembang secara pesat,
cepat dan selalu terbaru.Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka
minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah berada dalam skala menit
bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut
internet (online).
Internet menghubungkan
banyak komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan untuk saling bertukar
pesan satu sama lain, produktif karya kreatif dan berbagi akses ke data yang
ada di komputer masing-masing. Lebih jauh lagi, karena ke interaktifannya
internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi dengan kata lain
internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan pekerjaan yang di
lakukan manusia.
Melalui
Internet untuk online bisa membuat masyarakat atau generasi muda menjadi
produktif, menjadi youtuber handal dalam media kreatif online Indonesia.Youtube
sebagai media online / daring (new media) kreatif Indonesia dan juga sebagai
media produktif dalam meningkatkan kreaktifitas masyarakat luas Indonesia
misalnya membuat ngevlog, review suatu produk, memberitahukan informasi
mengenai pariwisata,market pasar, prank,dll menjadikan ini sebuah terobosan
baru untuk meningkatkan produktif dalam berkarya masyarakat atau pada generasi
muda Indonesia.
Masyarakat
atau generasi muda yang sering upload videonya melalui youtube maka disebut
dengan youtuber, youtuber suatu profesi baru dalam suatu industri media online
televisi berjaringan Internet Indonesia sebagai bentuk kreatif online dan
produktif masyarakat atau pada generasi muda untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,ekonomi
nasional dan juga bentuk produktif publik di era digital media khususnya
online.
Oleh karena
itu terus lah berkarya di youtube dengan memberikan video yang kreatif,
produktif dan juga harus bijak dalam penggunaannya serta taati peraturan hukum
yang berlaku di Indonesia mana yang boleh dan mana yang tidak boleh di sebar
luaskan kepada publik. Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum.
Penulis
R Cahyo
Prabowo,S.Ikom, M.Ikom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar