Sabtu, 20 Juli 2019

Pentingnya Operasional Training dan Operasional Sekolah Meningkatkan SDM Indonesia

Organisasi adalah suatu wadah atau tempat mencari sesuatu atau tempat berkumpulnya sumber daya manusia untuk memiliki sebuah kepentingan begitu juga sebuah perusahaan, perusahaan adalah tempat terjadinya kegaiatan produksi dan berkumpulnya sebuah produksi atau boleh dibilang perusahaan adalah sebagai tempat mencari nafkah manusia untuk mencari penghasilan dan hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan itu sendiri.
Dalam suatu perusahaan pasti adanya sumber daya manusia, peran SDM sangat memiliki banyak manfaat, menghasilkan suatu produksi yang ingin dicapai, menciptakan sebuah terobosan baru guna perusahaan tersebut berkembang untuk maju, keuntungan perusahaan tercapai yang masuk.Begitu pula dalam suatu negara bilamana ingin negara maju diciptakan sebuah terobosan, inovasi-inovasi, meningkatkan Sumber Daya Manusia untuk daya saing tinggi dalam era globalisasi seperti saat ini, hasil produksinya bisa dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di suatu negera tersebut.
Contoh hasil produksinya dibuat oleh masyarakat adalah UMKM, UMKM adalah Usaha Mikro Kecil Menengah yang dimana hasil produksi dari Industri kecil dan untuk produktif misalnya adalah hasil olah makanan (tahu,tempe,beras, sayuran dll), tas, sepatu, jaket, celana,rambut palsu, alat-alat rumah tangga, alat-alat kendaraan bermotor, mainan anak -anak dll yang dihasilkan, dijual oleh masyarakat kepada publik untuk menghasilkan produktif pada industri kecil.
Dalam hal ini semua perlu adanya operasional training, operasional sekolah supaya lebih efektif dan efisien. Tadinya cara pembuatan olahan yang belum memahami, mengerti bisa dilakukan dengan cara operasional training dan bahkan diberikan pelatihan mengenai ecommerce supaya barang atau produksi yang dihasilkan oleh mereka dijual ekspor ke luar negeri melalui ecommerce untuk meningkatkan daya saing tinggi dalam era globalisasi, era digitalisasi media modern dll.
Operasional sekolah itu sangat diperlukan untuk mengubah cara pola pikir lama menjadi pola baru menciptakan ide gagasan yang baru demi menghasilkan suatu produktif dan kreatif untuk mengembangkan suatu perusahaan atau negara. Sekolah lah yang mampu mengubah cara pandang,mindset, berpikir dewasa dan positif, mengubah pola pikir lama menjadi pola pikir baru yang ada sebuah terobosan baru untuk menghasilkan produktif, inovatif dan kreatif dalam era globalisasi, era digitalisasi media, era industri 4.0 di Indonesia.
Sehingga Operasional Training dan Operasional Sekolah sangat penting, diperlukan sekali dalam mengembangkan SDM yang produktif, inovasi dan kreatif untuk kesejahteraan bersama.
Penulis 
Raden Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...