Rabu, 12 Desember 2012

Analisis Wacana Kritis

Kritis adalah suatu pandangangan yang bersifat pemikiran kenyataan yang masuk akal. Analisis adalah suatu kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna untuk meneliti suatu obyek terstruktur bahasa tersebut yang secara secara mendalam.

Wacana adalah komunikasi kebahasaan yang terlihat sebagai sebuah pertukaran di antara pembicara dan pendengar sebagai sebuah aktivitas personal dimana bentuknya ditentukan oleh tujuan sosialnya. (Hawthorn 1992).

jadi pengertian analisis wacana kritis secara kongkrit adalah suatu pandangangan atau pemikiran yang bersifat secara kenyataan yang masuk akal melalui suatu media komununikasi dan juga ada umpan balik komunikasi yang di lakukannya.

contohnya dizaman modern seperti saat ini banyak masyarakat kita melakukan membuat statement suatu wacana yang padahal pada realitanya belum tentu terbukti wacana yang dilontarkan lewat media.

maksudnya adalah masyarakat melakukan masukkan pendapat umumnya lewat media dan membuat statement bersifat kritis terhadap suatu obyek dan akan muncul lah suatu wacana bersifat kritis yang dilakukan masyarakat. teks adalah semua bentuk bahasa, bukan hanya kata-kata yang tercetak dilembar kertas tetapi juga semua jenis komunikasi, ucapan, musik, gambar, efek suara, citra dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...