Jumat, 21 Desember 2012

Komponen Komunikasi Internasional dan Komunikasi Internasional

Dalam mengkaji kegiatan komunikasi, kebanyakan ahli komunikasi menggunakan formula "who,says what, in which channel, to whom, whit what effect" suatu paradigma komunikasi yang disusun Harlod D.Lasswell seorang ahli politik yang menaruh minat besar terhadap perkembangan Ilmu Komunikasi.

Komponen komunikasi yang memungkinkan terjadinya proses komunikasi adalah komunikator, pesan, media dan komunikan, dengan efek sebagai tolak ukur berhasil tidaknya sebuah komunikasi.

kegiatan komunikasi internasional biasanya berlangsung antara warga dengan warga (people to people), pemerintah dengan pemerintah (goverment to goverment), lembaga dengan lembaga(institution to institution) kegiatan komunikasi internasional tidak hanya melibatkan komunikator dan komunikan yang sama, melainkan bisa saja berlangsung antara komunikator dari satu kategori dengan komunikan dari kategori lain secara bervariasi misalnya antara warga dengan pemerintah (people to goverment) atau sebaliknya, warga dengan lembaga(people to institution) atau sebaliknya, lembaga dengan pemerintah(institution to goverment) atau sebaliknya dan seterusnya. yang jelas, bahwa komunikasi tersebut terjadi antara warga,pemerintah dan lembaga dari bangsa yang berbeda.

menurut R.Cahyo Prabowo Komunikasi Internasional adalah suatu proses interaksi yang bersifat lintas negara,antar negara dan juga negosiasi dalam menjalin hubungan diplomatik antar kedua negara untuk melakukan suatu perundingan atau juga membahas bersama tentang masalah sosial budaya,ekonomi, politik dan hubungan diplomatik negara atau bangsa di seluruh dunia Internasional.

Menurut K.S Sitaram(2000: 17) Komunikasi Internasional adalah komunikasi antara struktur-struktur politik alih-alih antara budaya-budaya individual. contohnya biasanya komunikasi internasional ini sering dilakukan lewat pemimpin negara atau wakil-wakil negara (menteri luar negeri, duta besar, konsulat jenderal) dalam melakukan perundingan/ negosiasi hubungan luar negeri. 

Gerhard Maletzke dalam bukunya Intercultural and International Communications) menyatakan, Komunikasi Internasional adalah proses komunikasi antara berbagai negara atau bangsa yang melintasi batas-batas negara.

sumber 

Drs.Mohammaad Shoelhi,M.B.A., M.M, Komunikasi Internasional Perspektif Jurnalistik,Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2009

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...