Selasa, 18 Desember 2012

Community Relation

Zaman modernisasi dan kemajuan teknologi komunikasi seperti saat ini manusia sudah mulai mengalami perubahan dalam berinteraksi ke manusia yang lainnya. sehingga manusia seperti saat ini saat berinteraksi kepada temannya, sahabatnya bisa dilakukan lewat media baru(new media) atau media internet.

Salah satunya email. yang dimana manusia memiliki email karena berguna mengirim pesan atau menyampaikan pesannya kepada teman, sahabat, rekan bisnis,rekan kerja serta lain lebih mudah dan praktis penggunaanya. email sendiri memiliki milis komunitas.yang dimana komunitas di dalam email tersebut tempat berbagi semua informasi penting, candaan, interaksi, komunikasi feed back,dan juga bisa di gunakan chatting. 

selain itu ada pun komunitas di sebuah media baru(internet) tempat inspirasi suatu wadah yang dimana manusia saling berinteraksi, menyalurkan pendapat, sampai tempat jual dan beli dalam perdagangan dimana pun berada.

Pengertian komunitas menurut Jefkins (1987: 126) yang hanya melihat komunitas dari aspek lokalitas saja yakni kelompok orang tinggal di sekitar wilayah operasi satu organisasi yang bisa berupa pabrik, areal penambangan, kantor atau bengkel, yang disebut Jefkins sebagai tetangga. 

Komunitas adalah semua steakholder yang dilayani suatu organisasi yang dimana didalamnya ada suatu wadah orang tempat berkumpul dan berinteraksi satu sama dengan yang lain sehingga muncul lah komunikasi tatap muka dua orang atau lebih. Komunitas adalah semua steakholder yang di layani oleh suatu organisasi. Relations adalah hubungan-hubungan antar manusia ke manusia yang lain yang akan membina suatu hubungan kerja sama antara suatu usaha perdagangan, organisasi serta yang lainnya guna mendapatkan manfaat.

Menurut R.Cahyo Prabowo Komunitas adalah suatu wadah atau tempat berkumpul yang dimana manusia berinteraksi satu dengan yang lainnya melalui tatap muka yang efektif serta memiliki umpan balik antar manusia sehingga muncul lah suatu komunikasi antar kedua belah pihak. Menurut Jerold mendefinisikan community relations sebagai peningkatan partisipasi dan posisi suatu organisasi didalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya untuk kemaslahatan bersama bagi suatu organisasi dan komunitas.

Menurut R.Cahyo Prabowo Community Relations adalah suatu wadah atau tempat berkumpulnya manusia yang sangat banyak yang dimana orang tersebut melakukan sebuah interaksi satu dengan yang lainnya melalui tatap muka kesahariannya dan juga melakukan sampai di media baru(new media) atau di media internet untuk menjalin silahturahmi antar kedua belah pihak manusia itu sendiri. 

Sumber: 

Yosal Iriantara, “Community Relations Konsep dan Aplikasinya”,Simbiosa Rekatama Media, Bandung 2010, hal 22

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...