Minggu, 24 November 2013

Bahaya Gaya Hidup Berlebihan Bagi Kejiwaan Manusia

Modernisasi, teknologi dan Industrialisasi semakin modern serta telah berkembang pesat saat ini. Memang dunia modernisasi, teknologi dan industrialisasi semakin modern dan berkembang pesat telah membawa dampak positif dan negatif bagi manusia di abad 21 modern. Akan tetapi, modernisasi, teknologi dan industrialisasi semakin modern dan gaya hidup manusia berlebihan akan membawa dampak  negatif bagi kejiwaan manusia.

Manusia sendiri justru mengasumsikan kalau gaya hidup berlebihan itu santai saja akan tetapi bahaya bagi kejiwaan manusia itu sendiri. Misalnya handphone (gadget) terbaru, mobi terbaru, apa aja yang terbaru setiap orang atau insan berlomba-lomba untuk membeli dan memiliki bagaimana pun cara pokoknya harus punya supaya nanti dilihat orang wah dia sudah punya  (padahal barang yang dibeli atau dimiliki belum tentu dibayar lunas bisa jadi kredit atau cicilan). Semakin orang memiliki utang dan cicilannya banyak semakin banyak orang mengalami gangguan kejiwaan pada orang tersebut.

Nah disinilah membawa dampak pengaruh negatif bagi kejiwaan manusia, kalau tidak bisa membayar hutangnya akan mengalami gangguan kejiwaan manusia meliputi depresi, stress berkepanjangan, ketidak jujuran dalam tutur kata,menghindar dari orang terdekatnya, sombong, blagu kalau mau didekati.

Inilah sebuah dari riset penelitian dan pengamatan dilapangan penulis melihat bahaya gaya hidup secara berlebihan akan membawa dampak besar bagi kejiwaan manusia. Banyak orang mengalami depresi dan stres akibat gaya hidup secara berlebihan dan konsumtif  dan tidak ada manfaat gaya hidup secara berlebihan dan konsumtif.

Oleh karena itu manfaatkan sebaik-baiknya dan gunakan uang tersebut yang bermanfaat untuk kehidupan yang lebih baik kalau tidak bermanfaat jangan sekali-kali mengeluarkan uang dan hindari penggunaan kartu kredit berlebihan serta hidup selalu bersyukur atas karunia yang telah diberikan kepada kita dari Tuhan Yang Maha Esa untuk mengurangi gangguan kejiwaan pada manusia di abad modern.

Penulis

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...