Senin, 18 November 2013

Menghadapi Musim Hujan, Waspada Musim Ini, Cek 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Menjelang penghujung akhir tahun, musim hujan sudah mulai menyambut sepanjang hari. Tenang saja, usah khawatir berlebih. Selain waspada terhadap banjir, ada beberapa bagian vital dari kendaraan yang wajib diperhatikan untuk berhadapan dengan hujan.

Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dalam berkendara. Hujan pun bisa diterabas dan bisa dilewati.seperti pengecekakan atau pengantian karet wiper, penggunaan cairan pembersih kaca, cek kondisi lampu kendaraan, pembersih lubang nosel dan jas hujan untuk kendaraan sepeda motor.Kelima tahapan tersebut sangat membantu dikala hujan, tentunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Ini dia Cek 5 Hal Yang Harus Dilakukan untuk menghadapi musim hujan.

1. Karet wiper

Karet penyapu biar pada bagian kaca depan dan belakang ini, bisa dibilang adalah bagian yang cukup penting saat hujan menghadang. Maka dibutuhkan perhatian khusus, seperti pergatian karet wiper jika sudah lama digunakan atau kondisi karet wiper sudah mulai kurang bagus jika kalau wiper dihidupkan tidak bersih menyapu semua kaca berarti karet wiper harus diganti supaya aman dalam berkendara.

2.Cairan pembersih kaca

Banyak orang yang menyepelekkan cairan kaca yang dimasukkan kedalam revervoir (tabung air untuk isi cairan kaca mobil). Cairan ini sangat membantu membersihkan kaca dari koatoran sekalipun. tetapi jangan sesekali menggunakan cairan ini melebihi kadar pemakaian minimal 1/4 isi tabung kemudian dicampur dengan air biasa.

3. Cek Kondisi lampu kendaraan

Banyak yang menyepelekkan kondisi lampu kendaraan disaat hujan deras turun karena menggunakan lampu warna putih (HID mobil dan motor) tidak akan tembus dengan hujan deras apa pun kecuali memang hid bawaan kendaraan yang memang sudah dilengkapi bawaan hid mobil. Gunakan dan cek kondisi lampu kendaraan anda supaya  bisa terlihat oleh kendaraan lain serta gunakan lampu yang bisa tembus derasnya air hujan minimal mobil 60/55 watt, 100/ 90 watt (perlu memakai relay), motor gunakan lampu standar bawaan motor atau jenis bohlam all season ( semua musim) yang berwarna kuning dan cek semua lampu kendaraan anda.

4.Nosel wiper

Nosel wiper atau saluaran yang bertugas menyeburkan air kekaca, terlihat sepele karena ukurannya yang kecil yang berada diatas kap motor kendaraan. Walaupun mungil, nosel perlu di perhatikan khusus, agar dapat menyemburkan air dari reservoir secara baik. perlu diperhatikan dalam nosel wiper ini supaya air yang disemburkan kekaca dapat berjalan dengan baik.

5. Jas hujan

Mengenai jas hujan hal yang wajib untuk para kendaraan bikers motor supaya dalam kondisi hujan deras apa pun bisa dilewati dalam berkendara motor.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi semua masyarakat dalam berkendara hal apa pun

Penulis

R Cahyo Prabowo

Tidak ada komentar:

Kopi Cap Liong Bulan, Mantul Juragan

  Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia ...